Return to site

4 Metrik Dasar Yang Harus Diperhatikan Pada Sales Funnel

Menguatkan sisi bisnis Anda dari sales funnel

· Sales Strategy

Energi potensial dalam penjualan dimulai dari sales funnel yang terorganisir dan juga diterapkan oleh semua tim sales. Menentukan metrik sales funnel akan membantu tim sales meningkatkan proses penjualan yang sedang dijalani. Dengan metrik sales funnel yang tepat, tentunya akan memudahkan tim sales dalam memproses penjualan dengan prospek yang didapatkan. Berikut adalah beberapa metrik dasar yang sudah seharusnya Anda masukkan ke dalam metrik sales funnel agar proses menghasilkan potensi penjualan yang lebih baik.

1. Arus masuk prospek

Anda tentunya tidak hanya menjalankan pemasaran melalui media offline, email, cold calling atau digital marketing saja. Banyak dari perusahaan yang akan memasarkan pada semua tempat untuk menghasilkan penjualan. Untuk itu, perusahaan perlu mengetahui arus masuk prospek-prospek yang didapatkan untuk kemudian dimasukkan pada daftar-daftar pelanggan berkualitas. Sederhananya, metrik ini adalah metrik jumlah prospek yang didapatkan oleh perusahaan dari berbagai metode pemasaran.

2. Rata-rata konversi

Metrik kedua adalah Anda perlu menghitung atau mengkalkulasikan tingkat rata-rata konversi yang berhasil Anda dapatkan. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan dua poin utama untuk bisa mengkalkulasikannya. Pertama adalah seluruh tingkat rata-rata konversi (baik yang berlangsung dan yang sudah selesai). Kedua adalah rata-rata konversi yang masih dalam proses.

3. Rata-rata penjualan yang didapatkan

Rata-rata penjualan merupakan penjualan yang sudah berhasil didapatkan oleh tim sales. Dalam hal ini, perusahaan harus mengkalkulasikan semua hasil penjualan yang didapatkan mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar. Sebagai contoh, jika Anda mendapatkan 300.000.000 dari 300 pelanggan, maka rata-rata yang Anda hasilkan adalah 1.000.000. Hal seperti inilah yang juga harus Anda masukkan dalam metrik sales funnel Anda. Dengan mengetahui rata-rata penjualan yang dihasilkan, Anda akan berusaha untuk meningkatkan dan menemukan solusi agar menghasilkan penjualan yang lebih baik.

4. Durasi sales funnel

Terakhir adalah waktu yang Anda butuhkan mulai dari upper line hingga bottom line yang diperlukan oleh sales untuk menghasilkan penjualan. Semakin singkat durasi yang didapatkan itu artinya proses Anda cukup efektif. Tetapi, Anda juga harus menentukan kualitas pelanggan yang didapatkan berdasarkan durasi tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK