Return to site

CRM Untuk Kesehatan: Sales Force Automation (SFA)

Sales Force Automation (SFA) untuk industri kesehatan

· CRM Di Indonesia,CRM

Melengkapi artikel kami tentang CRM untuk kesehatan, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan lebih jauh tentang modul lain sistem CRM kesehatan yakni, Sales Force Automation atau yang lebih dikenal dengan SFA.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kami akan memberikan sedikit gambaran, mengapa perusahaan membutuhkan SFA untuk memaksimalkan penjualan untuk industri ini. Pasar untuk industri kesehatan seperti obat dan alat medis akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ada beberapa faktor yang menjadi alasan utama peningkatan tersebut, diantaranya adalah:

- Semakin tingginya tingkat populasi manusia

- Harapan konsumen untuk perawatan kesehatan yang terus meningkat baik di negara maju maupun negara berkembang

- Teknologi membantu menciptakan obat atau alat medis baru untuk membantu diagnosis dini serta pencegahan penyakit.

Karena alasan-alasan tersebut permintaan pasokan peralatan medis akan meningkat pesat dan terus meningkat sesuai tren industri yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, yang paling penting bagi perusahaan adalah memiliki perangkat atau platform yang mampu melacak dan melaporkan penjualan dengan baik. Solusi yang tepat untuk kebutuhan ini adalah dengan implementasi SFA.

Berikut adalah beberapa manfaat yang Anda dapatkan dengan implementasi SFA untuk industri kesehatan.

1. Customer list management

Data pelanggan merupakan data terpenting untuk perusahaan. Ketika perusahaan kehilangan data pelanggan, tentu mereka akan kehilangan keuntungan dari pelanggan tersebut. Selain itu, kemudahan dalam mencari daftar pelanggan juga menjadi alasan utama mengapa perusahaan harus mengimplementasikan SFA ini. Dengan fitur ini perusahaan dapat dengan mudah menemukan data pelanggan dan untuk memusatkan data pelanggan.

2. Laporan semua panggilan atau panggilan harian

Dengan SFA, tim sales atau tim marketing tidak perlu lagi melakukan pelaporan secara manual. SFA akan memberikan laporan secara otomatis melalui aplikasi yang dapat dilihat oleh semua tim yang memiliki akses. Fitur ini memungkinkan Anda untuk meminimalisir panggilan duplikat tim Anda.

3. e-Detailing

Ketika Anda selesai melakukan pembicaraan, Anda dapat mencatat hasil pembicaraan melalui tablet atau smartphone sesaat setelah pembicaraan Anda dengan prospek selesai. Dengan fitur ini, Anda dapat mengumpulkan riwayat pembicaraan untuk memberikan solusi terbaik untuk prospek/pelanggan.

4. Manajemen inventori promosi/sample

Dengan SFA, Anda dapat melaporkan persediaan sample atau materi promosi untuk setiap sales representatif secara real time. Sebagai contoh, ketika pimpinan perusahaan memutuskan untuk menjalankan promosi, staff di kantor dapat mengupdate informasi melalui SFA. Tanpa melakukan panggilan kepada tim sales atau marketing, data yang diperbarui melalui SFA akan diterima real time oleh tim sales atau marketing yang saat ini sedang berada di lapangan.

5. Internal communication

Selain untuk prospek/pelanggan, SFA juga menjadi alat komunikasi internal perusahaan. Seperti yang kami sebutkan pada poin 2, ketika Marketer A menghubungi Prospek A, sistem akan menyimpan riwayat panggilan tersebut. Secara tidak langsung, tanpa perlu bertanya, tim marketing sudah mengetahui siapa yang melayani prospek tersebut.

Banyak manfaat-manfaat lain dari SFA yang belum kami jelaskan dalam artikel ini. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait manfaat dari SFA untuk kesehatan, Anda dapat menghubungi kami melalui email hi@sales1crm.com. Dengan senang hati tim terbaik kami akan melayani Anda untuk memberikan informasi seputar fitur, manfaat dan alasan mengapa SFA dapat meningkatkan penjualan Anda. Ingin berbicara langsung dengan tim kami? Silakan hubungi layanan telepon kami di 021-350 5114.

Artikel lain yang dapat Anda baca untuk memahami CRM untuk kesehatan:

- Mengenal CRM untuk Kesehatan

- CRM Untuk Kesehatan: Modul CRM

Ilustrasi (c) Pexels.com