Return to site

Dasar Strategi Marketing Yang Harus Dikuasai Marketer

Tidak ada pemasaran tanpa strategi!

· Tips Marketing

Untuk memiliki dasar bisnis yang kuat, maka Anda harus memiliki dasar strategi pemasaran yang kuat untuk menopang bisnis Anda tersebut. Strategi akan membantu Anda menertapkan kamanye, promosi dan sarana pemasaran lainnya sebagai jalan awal untuk mendapatkan pelanggan. Dengan memiliki dasar kekuatan strategi ini, maka jalan untuk mencapai kesuksesan penjualan pun akan semakin terbuka.

 

Berikut adalah panduan strategi pemasaran yang dapat Anda pelajari untuk dijadikan patokan sebelum memulai pemasaran.

 

1. Menentukan produk atau layanan Anda

Bagaimana produk dan layanan yang akan Anda suguhkan kepada pelanggan? Apa yang menjadi alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda? Semua harus Anda ketahui untuk menjadi titik awal sebelum Anda melangkah pada proses pemasaran. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat menentukan siapa pelanggan Anda dan di mana pasar yang tepat untuk memasarkan produk Anda.

 

2. Mengidentifikasi pasar

Bisnis membutuhkan pelanggan, pelanggan berpusat pada suatu pasar. Jika Anda masuk pada pasar yang kurang tepat, bagaimana cara Anda menjual produk kepada mereka? Tentukan pasar sebelum mulai melakukan pemasaran agar Anda tidak menjadikan pemasaran hanya sebagai tindakan yang sia-sia.

 

3. Mengetahui pesaing yang harus Anda hadapi

Tidak ada produk yang seratus persen unik, karena setiap produk unik akan ada pesaing yang ikut menciptakan produk serupa. Tetapi, Anda masih bisa membuat keunikan di tengah-tengah persaingan tersebut. Buatlah nilai pembeda dari pesaing sehingga Anda memiliki pasar sendiri untuk produk Anda berdasarkan nilai yang ditawarkan. Untuk mengetahui nilai tersebut, Anda harus mengetahui pesaing-pesaing Anda. Dengan demikian Anda dapat menciptakan keunikan yang benar-benar tidak dimiliki oleh siapa pun.

 

4. Memanfaatkan kesalahan kompetitor

Tidak perlu bersaing dengan cara tidak sehat melalui cara yang negatif untuk mengambil pelanggan dari kompetitor. Cukup dengan tidak mengulangi kesalahan kompetitor yang tidak memberikan pelayanan dengan baik. Ini menjadi kunci yang dapat Anda jadikan daya tarik untuk menarik pelanggan kompetitor. Sehingga, mereka akan mencari Anda dengan sendirinya tanpa harus menjelekkan kompetitor.

 

5. Membangun kredibilitas

Jika Anda ingin dipercaya oleh pelanggan, maka Anda harus memiliki kredibilitas yang tinggi. Baik itu dari produk maupun diri Anda secara personal.

 

6. Konsisten dalam segala hal

Konsisten merupakan kunci utama yang harus Anda miliki agar pelanggan Anda bersedia menggunakan produk. Jangan mempermainkan pelanggan dengan memberikan pelayanan maupun kualitas produk yang tidak konsisten. Sikap Anda yang tidak konsisten akan membuat pelanggan kesal dan mudah untuk mencari perusahaan lain yang lebih baik.

 

Itulah dasar strategi pemasaran yang harus Anda kuasai agar mencapai hasil pemasaran yang baik. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar apabila ada hal yang ini Anda tambahkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK