Return to site

Layanan Cloud Ini Bukan Hanya Untuk Menyimpan Data Anda

Jenis-jenis cloud yang bisa Anda temukan

· Cloud,News

Anda tentu sudah sangat familiar dengan teknologi cloud dalam dunia komputasi. Bahkan aplikasi/software CRM kami pun merupakan salah satu bagian dari teknologi cloud, yakni Software-as-a-Service (SaaS). Terlepas dari layanan SaaS, ada banyak layanan-layanan cloud baru yang bermunculan akhir-akhir ini. Bahkan, layanan cloud ini pun bukan hanya tentang menyimpan data Anda saja, tetapi layanan ini memiliki fitur lain yang dapat membantu Anda memperbaiki pengelolaan dan keamanan data Anda. Berikut adalah beberapa daftar layanan cloud tersebut.

1. Desktop-as-a-Service (DaaS)

Membeli komputer/laptop tentu membutuhkan pengeluaran yang sangat besar untuk perusahaan. Terutama disaat keperluan akan komputer tersebut hanya sebatas keperluan sementara. Memang ada rental komputer yang bisa ditemukan, tetapi apakah dapat dipastikan memilih rental komputer memiliki keamanan data yang terjamin ketika kita lupa memindahkan data-data tersebut?

Kehadiran DaaS ini menjadi solusi yang lebih baik untuk perusahaan/individu yang membutuhkan komputer sementara. Secara sederhana, DaaS merupakan desktop vitual yang pengoperasiannya melalui cloud. Untuk menggunakan layanan ini, Anda dapat memanfaatkan Windows VPS berbasis cloud.

2. Disaster Recovery-as-a-Service (DRaaS)

Perusahaan memiliki satu aset penting selain aset fisik dan uang, aset tersebut adalah data. Ketika perusahaan kehilangan data-data mereka, itu artinya mereka kehilangan aset penting seperti informasi pelanggan, riwayat pembelian pelanggan, nilai pembelian pelanggan hingga data-data prospek dan partner-partnernya.

Secara sederhana, layanan DRaaS ini adalah layanan yang dipilih oleh pengguna untuk menyimpan data dan melakukan backup data secara berkala pada Cloud. Ketika seseorang melakukan kesalahan menghapus data secara tidak sengaja atau yang diakibatkan oleh bencana alam yang merusak komputer/server perusahaan, data-data tersebut masih bisa diakses melalui cloud. Bahkan, proses untuk mengembalikan data ini pun akan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan data recovery offline yang terkadang tidak dapat mengembalikan data 100%.

3. Security-as-a-Service (SECaaS)

SECaaS adalah layanan cloud yang mana keamanan data dan komputer dikelola oleh pihak ketiga. Untuk layananannya sendiri, pihak penyedia SECaaS akan menawarkan program keamanan berbasis cloud seperti antimalware, autentikasi, security event management, firewall dan lain sebagainya. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu membeli lisensi software-software untuk keamanan komputasi Anda. Cukup dengan berlangganan layanan SECaaS, keamanan data dan komputer Anda dapat lebih maksimal dan biaya pengeluaran pun lebih sedikit.

4. Identity-as-a-Service (IDaaS)

Identity Access and Management (IAM) merupakan teknologi yang sudah dikenal oleh bisnis dan banyak yang memanfaatkannya untuk banyak kebutuhan. Singkatnya, IAM ini akan bekeja seperti saat Anda memiliki file .pdf yang diencrypt dengan passowrd. Sayangnya, IAM ini hanya akan berlaku untuk satu akun saja. Untuk kebutuhan banyak akun, Anda dapat memanfaatkan IDaaS ini. Yang artinya, cukup dengan satu akun pada cloud IDaaS, perusahaan dapat memiliki akses pada aplikasi dan data yang terintegrasi dengan layanan ini.

Dari 4 layanan cloud ini, layanan mana yang paling Anda tunggu kehadirannya di Indonesia?

Ilustrasi (C) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK