Return to site

Efek Menyimpan Data Berkualitas Rendah Untuk Perusahaan

Hindari menyimpan data pelanggan yang tidak berkualitas untuk pertumbuhan bisnis

· Tips Bisnis,CRM,Business Blog
Cara memilih data pelanggan yang tepat dan akurat

Dalam beberapa postingan kami sebelumnya, telah kami sebutkan beberapa hal tentang pentingnya data dan mengalisa data. Terutama dalam menyimpan data yang memiliki kualitas tinggi untuk menunjang kinerja penjualan. Dalam postingan kami kali ini, kami ingi mengulas sedikit tentang dampak dari penyimpanan data yang tidak berkualitas atau buruk.

Perlu Anda ketahui, data yang tidak berkualitas akan memberikan banyak efek negatif untuk perusahaan. Data yang kurang berkualitas disini meliputi data pelanggan seperti nomor hp, jabatan, nama, nama perusahaan, duplikat, tidak update dan lain sebagainya. Berikut adalah dampak dari menyimpan data dengan kualitas rendah terhadap perusahaan maupun penjualan.

1. Mengurangi kepercayaan dari pelanggan.

Kesalahan data akan membuat Anda juga melakukan kesalahan ketika menghubungi calon pelanggan prospek, secara tidak sengaja memanggil nama pelanggan tersebut dengan nama yang salah, apa yang akan terjadi? Secara lisan, mungkin Anda akan meminta maaf kepada calon pelanggan prospek tersebut. Secara lisan pula ia akan memaafkan Anda. Tapi, apakah Anda akan mengerti, bagaimana perasaan calon pelanggan tersebut? Tidak semua calon pelanggan menilai kejadian tersebut adalah hal lumrah, tapi ada juga yang menganggap kejadian tersebut sebagai kesalahan fatal. Berawal dari kejadian tersebut pula calon pelanggan ini akan memiliki rasa kepercayaan yang lebih rendah kepada Anda.

2. Hilangnya peluang

Data yang tidak berkualitas juga bisa menghilangkan peluang untuk terus membawa pelanggan lama lebih loyal. Sebagai contoh, ketika Anda sudah memiliki seorang pelanggan yang sangat loyal, dan kemudian pindah alamat, mengganti nomor hp dan perubahan data lainnya yang belum Anda ubah, maka Anda akan kehilangan peluang tersebut. Selain itu, database pelanggan yang tidak berkualitas juga membuat Anda kesulitan dalam menargetkan audiens kampanye Anda. Bisa saja kampanye yang Anda lakukan hasilnya lebih dari 30 persen tidak tepat sasaran atau justru tidak pernah diterima.

3. Menghambat pertumbuhan perusahaan

Setelah kepercayaan calon pelanggan prospek berkurang, peluang untuk menargetkan pelanggan yang tepat juga hilang, masalah terbesar yang dihadapi ialah terhambatnya pertumbuhan perusahaan. Tidak peduli seberapa banyak data yang Anda miliki, jika data tersebut tidak berkualitas, maka perusahaan Anda tidak akan berkembang dengan baik.

Meminimalisir duplikat, kesalahan nama, kesalahan jabatan, kesalahan panggilan, kesalahan jadwal meeting dengan menggunakan software CRM dapat membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut. Selain dapat menyimpan data dengan baik, software CRM akan membantu Anda dalam menganalisa data untuk mencapai target pelanggan secara tepat.

Berlangganan tips marketing, tips bisnis, tips sales secara gratis dari kami dengan cara subscribes melalui tombol subscribes dibawah ini. Atau dengan cara email hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Pixabay.com