Return to site

ERP vs CRM: Mana & Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Bisnis Anda?

· CRM Software,ERP

Bagi Sebagian perusahaan, mereka mungkin sudah mengenal apa itu CRM dan ERP yang digunakan untuk mendukung efektivitas penjualan dan pemasaran. Bahkan, banyak pula dari perusahaan yang menyebutkan bahwa ERP dan CRM itu adalah platform yang sama. Padahal, keduanya ini merupakan platform yang berbeda. Perbedaan yang paling mendasar antara ERP dan CRM adalah: ERP fokus pada proses back-end, sementara CRM fokus pada proses front-end dan manajemen pelanggan. Tapi Anda mungkin masih belum tahu mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Untuk memilih alat yang tepat, Anda harus mempertimbangkan operasi dan kebutuhan unik organisasi Anda.

Kapan perusahaan perlu menggunakan ERP?

Mencari solusi satu tempat untuk menyeimbangkan karyawan, pelanggan, dan inventaris? Fungsionalitas "layanan lengkap" dari sistem ERP adalah solusi yang perlu Anda pertibangkan. Adapun untuk berbagai pertimbangkan untuk menggunakan sistem ERP, adalah ketika perusahaan Anda mengalami beberapa hal berikut:

1. Anda ingin meningkatkan proses back-end

Untuk kebutuhan tersebut, ERP dapat membantu Anda merampingkan perekrutan, akuntansi, manajemen rantai pasokan, dan lainnya untuk membuat operasi Anda lebih efisien.

2. Bisnis Anda berkembang pesat di segala bidang

Dengan data utama dan menyelaraskan departemen, solusi ERP yang dapat membantu Anda mengatasi kesulitan yang berkembang dan membuat semua orang tetap pada jalurnya.

3. Anda menggunakan banyak alat atau perangkat lunak

Menggunakan beberapa solusi perangkat lunak bisa membingungkan dan mahal. ERP memungkinkan Anda untuk mengkonsolidasikan informasi yang Anda butuhkan dalam satu database.

Kapan perusahaan Anda perlu menggunakan sistem CRM?

Ketika perusahaan Anda baru memulai atau disebut dengan start-up, spreadsheet sederhana mungkin cukup untuk mengatur informasi pelanggan. Namun seiring pertumbuhan bisnis, diperlukan sistem yang lebih efisien untuk mengelola data pelanggan dan menjaganya agar tetap dapat diakses oleh karyawan. Di situlah CRM perlu Anda implementasikan. Karena, pada dasarnya, menggunakan sistem CRM dari awal adalah keputusan yang paling tepat yang dilakukan oleh perusahaan. Pasalnya, ketika perusahaan berkembang, perusahaan tidak perlu lagi memindahkan data pelanggan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk menggunakan sistem CRM/solusi CRM.

1. Hubungan pelanggan Anda kompleks

ERP mungkin memiliki beberapa kemampuan manajemen pelanggan, akan tetapi, penggunaan sistem ERP untuk manajemen pelanggan tidak seperti yang ada pada fitur CRM. CRM dibuat secara khusus untuk membantu Anda menangani basis pelanggan yang besar dan fokus pada akun jangka panjang yang berharga.

2. pengumpulan data dan manajemen data pelanggan yang lebih efisien

Dalam hal mengatur data pelanggan, CRM merupakan platform yang paling tepat untuk memulai. Terutama untuk bisnis yang tidak memerlukan fitur back-end tambahan. Hal ini karena pada umumnya lebih murah dan lebih mudah untuk digunakan daripada ERP.

3. Kebutuhan akan personalisasi dan demografi

Sistem CRM diciptakan untuk memberikan kemudahan kepada perusahaan dalam menangani setiap kebutuhan persinalisasi dan demografi data. Dengan sistem CRM, perusahaan memiliki kemudahan dalam melakukan prakiraan atau forecast bisnis dengan berdasarkan data penjualan, hubungan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Yang tak kalah pentingnya pula, dengan sistem CRM perusahaan juga lebih mudah dalam mempersonalisasikan pelanggan untuk keperluan pemasaran maupun untuk kebutuhan program loyalitas dan penentuan prospek yang ideal dan tidak.

Ilustrasi (c) Unsplash.com