Return to site

Hal-Hal Ini Tidak Akan Berubah Dalam Sales

Pelajaran untuk sales newbie

· Tips Sales

Fluktuasi ekonomi terjadi setiap hari, hadirnya teknologi baru, platform baru dan struktur perusahaan yang terus mengalami perubahan menuntut pelaku bisnis untuk terus menjaga bisnisnya berjalan. Strategi marketing harus diubah mengikuti pola pelanggan, strategi penjualan juga harus diubah untuk memenuhi keinginan pelanggan. Tetapi, ada beberapa hal yang tidak akan pernah berubah dalam dunia sales. Apa saja? Berikut daftarnya untuk Anda!

 

1. Sales akan selalu memiliki 2 telinga dan 1 mulut

Artinya adalah, Anda harus lebih banyak mendengarkan keluhan pelanggan, keluhan prospek untuk menciptakan penjualan. Jangan terlalu banyak berbicara hanya untuk berusaha menarik minat prospek. Dengarkan dan berilah solusi untuk mereka.

 

2. Prospek akan selalu menjadi raja

Apa pun yang diinginkan oleh prospek, Anda harus bisa memenuhi keinginannya tersebut. Selama apa yang diminta oleh prospek masih dalam batas yang dapat Anda lakukan. Jika Sudah diluar batas kemampuan, Anda dapat pergi dan menutup pembicaraan sesegera mungkin dan jangan pernah menjanjikan produk/layanan yang belum Anda miliki agar prospek tidak merasa kecewa setelah terjadi kesepakatan.

 

3. Hubungan antar manusia tidak akan pernah lenyap

Banyak teknologi yang dapat berfungsi layaknya manusia seperti AI atau bot. tetapi, hubungan antar manusia akan menjadi hubungan yang luar biasa dalam penjualan yang tidak dapat digantikan oleh peran AI maupun bot.

 

4. Sales pipeline menjadi obat dalam penjualan

Ketika Anda mengalami perlambatan penjualan coba lihat kembali sales pipeline Anda, mungkin ada hal yang menjadi penghalang pertumbuhan penjualan. Buanglah proses-proses yang tidak diperlukan untuk mengoptimalkan sales pipeline Anda.

 

5. Planning

Setiap orang yang tidak memikirkan rencana penjualan besok, lusa, pekan depan, bulan depan dan seterusnya berarti mereka memiliki perencanaan untuk gagal. Jika Anda memikirkan apa dan bagaimana menghadapi situasi saat ini maupun di masa depan, itu artinya Anda sedang berusaha merencanakan keberhasilan.

 

6. Anda harus berbeda

Jika Anda maupun produk/layanan yang Anda miliki sama saja dengan orang lain atau produk/layanan kompetitor, Anda tidak akan bisa menjaring pelanggan dengan cepat. Oleh karena itu, selalu menjadi yang berbeda untuk menarik prospek.

 

7. Bukan hanya tentang keuntungan, tapi solusi untuk pelanggan

Pelanggan adalah orang yang membutuhkan solusi. Jika Anda hanya memikirkan keuntungan, bersiaplah untuk gagal. Sebaliknya, jika Anda memikirkan solusi sampai kapan pun pelanggan Anda akan terus bekerja sama dengan Anda.

 

8. Semua bisa menjual tapi tidak semua bisa profesional

Profesionalisme tidak didapat dari sekolah maupun universitas. Tetapi, profesionalitas tumbuh setelah Anda mulai mengerjakan tugas Anda di lapangan. Orang yang lulus dari sekolah mana pun memiliki kemungkinan untuk menjadi seorang profesional. Tergantung bagaimana dia belajar dari kondisi-kondisi yang ia hadapi di lapangan.

 

Nah. Itulah hal-hal yang tidak akan pernah lenyap dalam dunia sales/penjualan. Jika Anda memiliki poin-poin lain, silakan tambahkan poin Anda pada kolom komentar dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK