Return to site

Hal-Hal Yang Akan Membuat Anda Gagal Sebagai Sales Manager/Sales Leader

· sales

Ada banyak sekali cara yang bisa membuat Anda gagal sebagai seorang pemimpin untuk apa pun. Hal ini juga tidak berbeda dengan menjadi sales leader atau sales manager. Dan yang mengerikan adalah Anda gagal artinya juga membawa tim Anda pada kegagalan. Di sini kami akan mengatakan bahwa hal-hal ini akan memudahkan Anda gagal menjadi sales leader/sales manager.   

1. Anda tidak memiliki pengalaman menjadi staf sales 

Menentang staf penjualan saat Anda belum melakukan pekerjaan itu sendiri dan merasa paling benar karena Anda merupakan leader. Ingat, menjadi sales adalah sesuatu yang dapat Anda pelajari, tetapi tidak dengan membaca buku atau mengikuti pendidikan di kampus saja. Anda tidak dapat melatih interaksi manusia yang kompleks tanpa mengalaminya sendiri, sama seperti Anda tidak dapat mengajari orang lain untuk berenang jika Anda belum pernah berada di dalam air. Jika Anda tidak pernah menjadi sales (staf maupun representative) maka Anda akan berpotensi untuk gagal, terlebih lagi Anda hanya mengerti berdasarkan materi saja.   

2. Ingin disukai oleh tim 

Ada perbedaan antara disukai dan dihormati. Adalah suatu kesalahan untuk menginginkan untuk disukai. Anda bukan bagian dari grup yang Anda pimpin, dan Anda bukan rekan kerja. Anda adalah teladan, model, dan Anda menetapkan standar kerja. Menjaga standar kerja ini tentu akan membuat Anda tidak disukai oleh tim atau bahkan akan ada yang menolak. Namun, jika Anda ingin disukai, maka ada kemungkinan Anda akan mudah terpengaruh untuk mengubah standar kerja. Jika demikian, artinya Anda sudah gagal.  

 3. Kurangnya akuntabilitas 

Anda dapat memberi tahu orang-orang apa yang Anda ingin mereka lakukan. Anda dapat memberi mereka misi, pola pikir, rangkaian keterampilan, perangkat, dan sistem penghargaan untuk berhasil. Tanpa akuntabilitas, Anda akan gagal sebagai pemimpin karena Anda gagal dalam tim Anda. Anda tidak dapat menjadi pemimpin tanpa memastikan bahwa tim Anda melakukan apa yang diperlukan dan menerapkan konsekuensi jika tidak melakukannya. Tanpa konsekuensi, tidak ada akuntabilitas.   

4. Pembinaan dan pelatihan untuk tim yang terlalu sedikit 

Perusahaan Anda akan menuntut Anda yang menyita terlalu banyak waktu Anda. Anda bisa berakhir di belakang meja, terperosok dalam pekerjaan administratif, yang semuanya mungkin diperlukan, tetapi tidak ada yang akan meningkatkan hasil tim Anda. Tim Anda akan menjadi lebih baik melalui pembinaan, pelatihan, dan pengembangan yang konstan.