Return to site

Tips untuk Mengembangkan Strategi Penjualan dan Pemasaran

· Sales,Marketing

Strategi penjualan dan pemasaran yang tepat lebih dari menjalankan beberapa iklan dan menelepon prospek. Mengembangkan strategi yang tepat adalah proses yang membutuhkan penelitian untuk menemukan siapa prospek yang harus diutamakan, apa yang memotivasi pembelian mereka dan bagaimana perusahaan dan produk yang ditawarkan cocok di pasar. Data yang didapat dari penelitian akan mendorong strategi penjualan dan pemasaran menjadi lebih baik. Dengan rencana yang tepat, pertumbuhan dan profitabilitas dapat diprediksi dan dikendalikan.

Penjualan dan pemasaran yang efektif membutuhkan bakat, keahlian, usaha dan konsistensi. Jika tidak ada di dalam organisasi Anda, maka penting bagi Anda untuk menemukan sumber daya luar yang dapat membantu Anda mengembangkan dan menerapkan strategi Anda. Apakah strategi penjualan dan pemasaran Anda dikembangkan secara internal atau eksternal, berikut beberapa tips untuk membantu memastikan bahwa strategi tersebut efektif dan efisien:

1. Lihat pasar dan prospek Anda sebagaimana adanya, bukan seperti yang Anda inginkan

Strategi terbaik memperhitungkan pasar sebagaimana adanya, bukan seperti yang kita pikirkan atau harapkan. Hal yang sama berlaku untuk klien potensial, kita mungkin mengira kita tahu apa yang mereka inginkan, tetapi kenyataannya mungkin sangat berbeda. Dengan tidak adanya informasi yang obyektif, terlalu mudah untuk jatuh ke dalam pola angan-angan.

Strategi Anda harus dimulai dengan melihat secara objektif pelanggan yang menjadi target Anda dan pasar tempat Anda beroperasi. Jangan membuat kesalahan dengan berfokus pada layanan yang Anda tawarkan atau apa yang menurut Anda mungkin diinginkan oleh target pelanggan Anda. Lakukan penelitian yang diperlukan untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan atau dibutuhkan pelanggan ideal Anda dan sesuaikan penawaran Anda.

2. Sumber daya Anda saat ini

Strategi penjualan dan pemasaran terbaik di dunia tidak akan berguna jika Anda tidak memiliki sumber daya untuk melaksanakannya dengan sukses. Bakat macam apa yang ada? Tingkat pelatihan apa yang mereka miliki? Apakah tim sales Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan? Apakah staf pemasaran memahami layanan yang Anda tawarkan? Anda perlu mencari tahu semua ini untuk mengenali seperti apa sumber daya yang Anda miliki. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan untuk menentukan metode dan strategi penjualan maupun pemasaran yang harus Anda lakukan agar efektif.

3. Mengembangkan rencana implementasi untuk memastikan pelaksanaan dan tindak lanjut strategi

Strategi penjualan dan pemasaran yang baik bukanlah hal yang hanya dilakukan satu kali. Diperlukan komitmen, upaya, dan tindak lanjut yang berkelanjutan untuk menganalisis keefektifannya. Rencana implementasi menguraikan semua yang diperlukan untuk membuat strategi Anda menjadi kenyataan. Penggunaan sistem CRM dapat membantu Anda untuk mengumpulkan data yang dapat Anda konversi untuk dijadikan acuan bagaimana proses penjualan Anda selama ini, seperti apa pola pelanggan dan bagaimana cara menentukan prospek potensial, semua dapat Anda lakukan dengan bekal data tersebut. Hanya saja, factor penting dalam pengumpulan data melalui CRM ini ditentukan dengan bagaimana cara prospek Anda memaksimalkan sistem CRM untuk pengumpulan data tersebut serta pengetahuan terhadap perbedaan data berkualitas dan tidak berkualitas.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK