Return to site

Hal-Hal Yang Dapat Menggagalkan Strategi Marketing

Bukan strategi yang salah, tapi ini!

· Tips Marketing

Salah satu aspek terpenting dalam pengembangan bisnis adalah bagaimana perusahaan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Peluang pertumbuhan baru dan berpotensi adalah merupakan hasil dari kecocokan pelanggan dengan perkiraan Anda saat membuat strategi pemasaran. Tidak semua perusahaan sukses dalam pemasaran dengan modal uang yang sangat besar. Karena uang memang bukanlah tolok ukur dalam kesuksesan dalam memasarkan produk. Sselain strategi yang kurang matang, ada beberapa faktor yang dapat merusak strategi pemasaran yang dianggap matang oleh perusahaan. Apa saja faktor-faktor tersebut?

 

1. Kehilangan fokus

Jangan hanya terpaku pada kegagalan pemasaran yang Anda alami dalam waktu cepat.  Pemasaran membutuhkan proses dan proses tersebut tidak semua menunjukkan hasil dalam tempo cepat. Fokus pada strategi pemasaran yang Anda jalankan saat ini, perbaiki jika diperlukan. Jangan mudah mengganti strategi, karena dengan cara ini Anda tidak akan pernah bisa memahami letak kesalahan dibalik kegagalan penerapan strategi tersebut. Sedangkan fokus akan membantu Anda mendapatkan banyak data yang membantu Anda menemukan formula yang tepat dalam menentukan strategi pemasaran.

 

2. Tidak memahami target pasar

Kegagalan yang paling fatal adalah kurangnya pemahaman tim pada target pasar yang ingin ia capai. Mengapa tim marketing tidak dapat memahami pasar dengan baik? Kembali pada poin pertama, minimnya data yang dimiliki oleh tim marketing membuat mereka melakukan pemasaran dengan sistem yang tidak memiliki arah yang jelas. Strategi yang dipakai pun hanya gambaran dan jauh dari keadaan sebenarnya yang akan dihadapi oleh tim.

 

3.  Minimnya tim dalam memantau data

Banyak tim marketing yang kehilangan peluang dalam memaksimalkan pasar karena minimnya data yang dimiliki oleh tim. Strategi marketing yang tidak disertai dengan akurasi data hanya akan menghasilkan angan-angan atau imajinasi saja. Artinya, setiap strategi merketing yang Anda jalankan bukan untuk target pelanggan Anda.

 

4. Tidak memiliki semangat

Sebagus apapun staretgi pemasaran yang Anda buat, tetapi tidak ada semangat dari tim untuk melaksanakan pekerjaannya dengan baik tentu hasilnya juga tidak akan bagus. Terus menjaga semangat tim merupakan bagian penting dalam keberhasilan menjalankan strategi marketing. Jika Anda tidak ingin gagal, benahi semangat tim marketing Anda saat ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK