Return to site

Rahasia Di Balik Kesuksesan Seorang Sales

Apa yang membuat sales berhasil mencapai target penjualan?

· Tips Sales

Menjadi salesperson yang memiliki performa penjualan yang bagus tidak selalu dari golongan salesperson dengan perjalanan karir yang sudah cukup lama. Tetapi, mereka yang baru jadi salesperson pun juga dapat menjadi salah satu dari mereka yang berhasil menjual produk/layanan dengan baik mengalahkan senior-seniornya. Sebenarnya, apa sih yang menjadi rahasia salesperson dengan performa tinggi tersebut? Berikut adalah hal-hal yang dilakukan oleh sales-sales sukses tersebut.

 

1. Mengelola metrik dengan baik

Salesperson yang dapat bekerja dengan baik adalah mereka yang mampu menyeimbangkan metrik aktivitas penjualannya untuk mengukur hasil yang sudah ia capai. Mereka tidak hanya menilai kesuksesan dari banyaknya pelanggan yang dicapai, tetapi juga meneliti pelanggan-pelanggan yang sudah didapatkan.

 

2. Mampu menciptakan nilai yang menarik bagi prospek

Keberhasilan penjualan sebagian besar disebabkan oleh nilai yang mampu diciptakan oleh salesperson untuk menarik minat prospek agar melakukan pembelian. Tak hanya memberikan nilai, tetapi juga mampu menciptakan preferensi yang kuat untuk diri sendiri dan solusi yang akan diberikan untuk pelanggan-pelanggannya.

 

3. Menanamkan keinginan untuk selalu berhasil

Salesperson yang sukses selalu percaya pada kemampuannya untuk menawarkan produk meskipun ia sering menghadapi kegagalan. Ia menjadikan kegagalan tersebut sebagai bagian pembelajaran untuk meningkatkan kemampuannya dalam bekerja, serta tetap menanamkan keinginan untuk berhasil dari dalam dirinya. Berawal dari sini lah mereka bangkit untuk mengubah kegagalan dalam penjualan untuk berhasil membawa penjualan-penjualan lain.

 

4. Tidak pernah berhenti untuk berlatih

Berhasil mencapai target penjualan bulanan tidak menghentikan salesperson sukses untuk berhenti berlatih. Ia terus mengasah kemampuannya secara terus menerus untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan-tantangan baru yang akan ia hadapi di masa depan. Ia selalu sadar bahwa ada perubahan arah pasar yang tidak dapat diprediksi. Dengan berlatih, ia akan bisa menghadapi semua tantangan tersebut untuk tetap bisa menjual memenuhi target.

 

5. Fokus dalam melayani prospek dan pelanggan

Apapun pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seseorang, ia harus bisa fokus dalam mengerjakan untuk mencapai kesuksesan. Begitu juga dengan salesperson, ia selalu bisa menjaga dirinya untuk tetap fokus dalam melayani prospek dan pelanggan-pelanggannya. Fokus untuk melayani membuat prospek dan pelanggan senang dan memberikan kepercayaan terhadap salesperson tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com