Return to site

Hal-Hal Yang Menurunkan Produktivitas Sales & Cara Mengatasinya

Menentukan prioritas untuk meningkatkan produktivitas tim sales

· Tips Sales

Waktu begitu berharga untuk semua sales di mana pun ia berada. Terutama bagi salesperson yang memiliki tanggung jawab untuk mencapai penjualan yang sangat besar untuk perusahaan. Produktivitas mereka harus tetap dijaga agar target yang mereka kejar dapat dipenuhi hingga akhir tahun. Menyederhanakan tugas salesperson dengan membuang hal-hal yang dapat membuang waktu salesperson sia-sia menjadi masalah utama yang harus diselesaikan oleh perusahaan.

Perusahaan harus mulai mengubah cara mereka dalam memberikan tugas kepada tim sales. Hindari beberapa hal yang dapat meningkatkan potensi tim sales bekerja tidak produktif dengan cara yang lebih baik. Apa saja hal-hal yang dapat menurunkan produktivitas tim sales tersebut? Berikut adalah daftarnya untuk Anda:

1.  Membaca, membalas dan mengirimkan email

Mungkin perusahaan menilai aktivitas sales dalam mengirim, merespon dan membaca email tidak membutuhkan waktu yang lama. Anggapan tersebut memang tidak salah, tetapi bagaimana jika yang harus mereka kirimkan setiap harinya lebih dari 20 email dari prospek? Tentu akan sangat membuang banyak waktu dalam memberikan respon atau mengirimkan email kepada pelanggan-pelanggan tersebut, Terlebih lagi sales juga harus membalas dan mengirimkan email internal perusahaan. Akan lebih banyak waktu yang diperlukan oleh sales untuk merespon semua email tersebut.

2. Administratif

Administratif internal perusahaan merupakan salah satu penyebab tim sales kurang produktif dalam bekerja. Seperti membuat laporan kerja harian, laporan kerja mingguan dan bulanan. Bayangkan jika setiap hari sales harus kembali ke kantor jam 3 sore untuk membuat laporan, berapa waktu yang terbuang untuk kembali ke kantor dan membuat laporan tersebut. Jika berbicara untuk membuat laporan harian, sales pasti bisa mengerjakan 30 – 60 menit. Bagaimana untuk membuat laporan mingguan yang memiliki sistem administratif berbeda. Bisa saja menghabiskan waktu 60-120 menit. Inilah yang menyebabkan tim Anda mengalami penurunan produktivitas dalam bekerja.

3. Meeting internal yang berlebihan

Meeting memang diperlukan, tetapi jangan jadikan meeting sebagai pekerjaan rutin sales. Manfaatkan waktu dengan bijak, lakukan meeting singkat untuk tim sales agar mereka dapat mengejar target yang diberikan oleh perusahaan. Jika sebelumnya meeting dilakukan setiap minggu, kurangi jadwal tersebut menjadi 2 minggu sekali atau 3 minggu sekali setiap bulannya. Dengan demikian ada waktu lebih bagi sales untuk bekerja melayani prospek/pelanggan.

4. Tidak adanya filter prospek

Kesalahan terbesar sales dalam bekerja dan menurunkan produktivitas mereka adalah ketika mereka tidak memperhatikan lead yang didapatkan. Mereka tidak melakukan penyaringan lead dengan baik, tidak mengetahui lead berkualitas dan tidak membuat mereka menghabiskan waktu untuk lead-lead yang mereka dapatkan.

Bagaimana cara mengatasi semua penyebab sales membuang-buang waktu agar produktivitasnya meningkat?

Sederhanakan, itu yang telah kami sebutkan di awal artikel ini. Bagaimana menyederhanakan hal-hal yang sudah menjadi bagian penting dari sales tersebut? Hindari cara manual, lakukan dengan cara yang lebih modern yaitu dengan memanfaatkan teknologi sales seperti Customer Relationship Management (CRM). Sistem CRM memudahkan sales dalam membalas email dari pelanggan, prospek dan email internal perusahaan.

CRM dapat memilih email dari prospek dan pelanggan prioritas yang patut untuk mereka balas lebih cepat. Sehingga, mereka dapat membalas email dari pelanggan dan prospek yang bukan prioritas saat mereka berada di luar kantor. Seperti saat menunggu prospek/pelanggan, setelah makan siang dan lain sebagainya.

CRM juga dapat mempermudah tim sales untuk melakukan aktivitas administratif seperti membuat laporan harian. Sales dapat membuat laporan pada sistem CRM berbasis cloud yang dapat diakses oleh semua tim baik sales maupun staf kantor saat itu juga. Ketika sales melakukan pembaruan data, semua pihak yang berada di kantor dan memiliki akses menerima pemberitahuan melalui aplikasi CRM tersebut.

Begitu juga untuk menyaring lead, CRM dapat memilih lead yang memiliki potensi lebih baik untuk dijadikan prioritas. Sales pun tidak perlu lagi membuang banyak waktu untuk melakukan meeting atau follow up pada prospek-prospek tidak berkualitas. Sales juga dapat memutuskan untuk closing lebih cepat dengan prospek-prospek tidak berkualitas tersebut untuk mencari prospek lain yang lebih baik.

Itulah hal-hal yang mengurangi produktivitas tim sales dan cara mengatasinya yang dapat kami berikan kepada Anda. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang kemampuan CRM dalam meningkatkan produktivitas tim sales, silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK