Return to site

Hal-Hal Yang Paling Berpengaruh Terhadap CRM

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan implementasi CRM

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,CRM

Sistem CRM merupakan sistem semi otomatis yang dapat dioperasikan oleh seluruh tim di dalam perusahaan. Mengapa kami menyebut semi otomatis? Karena, di dalam pengoperasian CRM tidak sepenuhnya otomatis. Seperti, untuk memasukkan data prospek, tim sales harus tetap memasukkan dengan cara manual dengan menambahkan kontak atau melalui teknik import data kontak. Sedangkan otomasi dalam CRM berkaitan dengan analisa, statistik, KPI performance dan lain sebagainya yang memang diciptakan untuk membantu meringankan tim. Dalam implementasi CRM juga memiliki banyak hal yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap kesuksesan maupun kegagalan untuk masing-masing perusahaan. Diantara banyaknya hal berpengaruh tersebut adalah sebagai berikut.

1. Teknologi dan sistem pada CRM

Teknologi dan sistem yang digunakan oleh perusahaan secara independen maupun dengan menggunakan jasa dari provider haruslah mengadopsi teknologi dan sistem yang terbaru. Teknologi dan sistem memberikan pengaruh terhadap kinerja dari CRM itu sendiri. Jika teknologi yang diadopsi tidak mengalami pembaruan, bisa saja pengguna mengalami kesulitan dalam memasukkan atau mengelola data-data pada sistem tersebut.

2. Kualitas pelanggan dan prospek

Untuk menghasilkan data dan forecast bisnis maupun penjualan, sistem analisa pada CRM membutuhkan data-data prospek dan pelanggan yang berkualitas. Jika pada sistem hanya terdapat data pelanggan maupun prospek yang tidak berkualitas, maka sistem akan memberikan analisa yang kurang akurat. Jika hasil analisa pada sistem sudah tidak akurat, tim pada perusahaan tersebut pun akan mengalami kesulitan untuk menargetkan atau merencanakan segala sesuatu demi memberikan dorongan terhadap bisnis dan penjualan.

3. User Interface (UI) dan proses

Setiap sistem CRM memiliki UI dan proses yang berbeda-beda tergantung desain dari masing-masing developer. Meskipun UI tidak memiliki pengaruh terhadap analisa, UI dan proses pada sistem CRM dapat menentukan cepat atau lambatnya tim dalam mengelola dan memperbarui data. Jika sistem CRM yang diadopsi rumit, tim pun akan mengalami kesulitan dan tidak menutup kemungkinan untuk malas dalam memperbarui data.

4. Tim

CRM membutuhkan sentuhan manusia, artinya baik dari sisi tim harus memaksimalkan kehadiran sistem CRM tersebut. Manajemen dan leader yang antusias dengan kehadiran CRM, namun tim malas untuk menggunakan aplikasi ini, tentu hasilnya adalah CRM menjadi bagian perusahaan yang tidak berperan apapun. Menanamkan kesadaran tim untuk menggunakan CRM ini merupakan suatu keharusan yang tidak boleh dikesampingkan.

Itulah beberapa hal yang dapat berpengaruh terhadap CRM yang dapat kami berikan kepada Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi CRM dari Sales1CRM dan juga ingin mengetahui hal-hal berpengaruh lainnya, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Ingin mencoba sitem CRM secara gratis? Anda dapat menghubungi kami melalui halaman contact us dengan subject, Request Demo CRM. Jika Anda memenuhi syarat, Anda akan mendapatkan akses sistem CRM untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com