Return to site

Hal Yang Dapat Dilakukan Tim Sales Tanpa Menunggu Tim Marketing

Jangan hanya menunggu, lakukan sendiri jika itu perlu

· Tips Sales

Tim sales dan tim marketing seharusnya bisa bekerja sama dengan baik jika perusahaan tengah mengalami kondisi sulit untuk menciptakan penjualan. Jika tim sales menganggap tugas tim marketing hanya memasarkan produk, tentu mereka akan mencari calon pembeli sebanyak mungkin tanpa mempertimbangkan kualitasnya. Sebaliknya, jika tim marketing menganggap penjualan adalah tanggung jawab tim sales dan bukan tanggung jawab tim marketing juga, maka tim sales akan selalu dihadapkan dengan prospek-prospek tak berkualitas dari tim marketing.

Pada akhirnya, tim marketing dan tim sales sama-sama gagal. Perusahaan mengalami kerugian karena tidak ada penjualan yang tercapai. Oleh karena itu, tim sales yang memiliki tugas akhir untuk mencapai penjualan, harus menjadi penuntun tim marketing agar lebih banyak prospek berkualitas yang dibawa. Bahkan, tim sales juga harus bisa bertindak selayaknya tim marketing untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan agar lebih disukai oleh prospek. Berikut adalah dua hal apa saja yang bisa dipasarkan oleh tim sales tanpa harus bergantung pada tim marketing.

Menunjukkan kesuksesan tetapi bukan memamerkan

Jika memiliki banyak pelanggan yang merasa puas atas produk dan layanan Anda, ceritakan kepada mereka bagaimana Anda dapat memberikan solusi yang tepat. Sehingga pelanggan-pelanggan Anda merasa puas. Tetapi, jangan sampai Anda melampaui batas dengan bersikap sombong atas apa yang dicapai oleh perusahanaan.

Memperkenalkan lead dengan produk tetapi jangan terlalu agresif

Jika selama ini Anda selalu memfollow-up lead tiap dua hari sekali, mengapa Anda tidak mengubahnya dengan cara lain dengan memperkenalkan produk agar lead yang Anda miliki dapat mempelajari produk dengan baik. Contoh, Anda dapat mengirimkan email tentang kelebihan produk yang dapat memberikan solusi terbaik untuk lead dan bisnisnya. Jangan lupa untuk menambahkan Call-to-Action (CTA) pada setiap email agar leads Anda memiliki cara untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau untuk menghubungi Anda.

Dengan dua poin di atas, sebagai sales, Anda akan lebih mudah dalam mencapai proses selanjutnya. Serta, Anda tidak perlu lagi bergantung pada tim marketing untuk bisa memasarkan produk kepada lead. Selain tu, Anda juga dapat terus memberi arahan kepada tim marketing untuk memilih lead yang sesuai dengan kriteria tim sales. Sehingga ada kesamaan dan kolaborasi yang baik untuk meningkatkan potensi penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com