Return to site

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan CRM!

Ragu untuk menggunakan CRM?

· CRM,CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia

Berbicara tentang Customer Relationship Management (CRM), tentu Anda memiliki alasan tersendiri mengapa belum menggunakan platform ini. Salah satu alasan yang umum adalah, minimnya tim yang paham tentang CRM, mahal, tidak membutuhkan dan lain sebagainya. Padahal, jika Anda bersedia meluangkan waktu untuk mencari sisi lain dari implementasi CRM, tentu Anda akan mulai berpikir betapa pentingnya untuk mengimplementasi CRM mulai dari sekarang. Seperti beberapa alasan berikut ini.

1. Kolaborasi tim sales yang lebih baik

Sales bisa mencapai hasil yang maksimal apabila perusahaan Anda memiliki tim sales yang dapat berkolaborasi dengan baik. Oleh karena itu, perusahaan atau sales leader harus bisa menyadari hal tersebut dan mulai mencari cara yang tepat agar tim dapat berkolaborasi. Kolaborasi yang baik akan mulai tercipta apabila ada komunikasi dan kemudahan sales dalam mengakses data. Di sinilah peran penting platform CRM akan membantu tim dalam berkomunikasi dan juga untuk mengakses data-data pelanggan. Ketika ada satu kejadian yang tidak diharapkan, seperti salah satu sales tidak masuk kerja, sedangkan prospek penting memiliki keperluan mendesak, tim sales lain dapat menangani kondisi tersebut dengan tenang karena tim lain dapat mengakses data kapan pun tanpa harus saling menunggu.

2. Menyatukan data dalam satu tempat

Anda saat ini bisa merasa nyaman dengan menggunakan cara tradisional atau dengan menggunakan spreadsheet untuk menyimpan data pelanggan. Ini memang sudah cukup untuk menyatukan data, tetapi konsekuensinya adalah, jika Anda memiliki setidaknya 10 anggota tim sales, bagaimana cara agar mereka bekerja lebih efisien untuk menyatukan data-data pelanggan pada satu spreadsheet? Apakah mereka harus bergantian untuk memasukkan data? Sungguh hal ini adalah cara yang sangat menghabiskan banyak waktu tim sales Anda dalam bekerja. Dengan menggunakan CRM, tidak peduli berapapa banyak anggota tim Anda, mereka dapat membuat laporan atau mengisi data secara bersamaan.

3. Mengurangi risiko kehilangan data dan mampu menyimpan data tak terbatas

Sistem tradisional dengan spreadsheet atau dengan menuliskan pada catatan memiliki risiko kehilangan data yang sangat besar. Spreadsheet memiliki kolom yang berjarak sangat dekat satu sama lain, ketika sales mengantuk, ia bisa saja menghilangkan satu data penting tentang pelanggan tanpa disadari. Menyimpan di catatan, bisa saja hilang karena kejadian tak disengaja. Lain halnya dengan CRM, setiap pelanggan memiliki database masing-masing. Setiap ada pembaruan data, sistem akan melakukan backup data, sehingga ketika ada kesalahan, tim sales dapat mengembalikan data dari backup. Selain itu, menyimpan data pada CRM tidak memiliki batas. Kaena Anda dapat meminta provider untuk memperbarui kapasitas penyimpanan kapan pun tanpa harus membeli ulang yang tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal.

4. Memprediski potensi penjualan dari lead

Satu hal penting yang perlu Anda ketahui, menggunkan CRM untuk penjualan akan memudahkan Anda dan tim dalam menganalisa pasar, menganalisa pelanggan dan memprediksi arah penjualan sejak proses pertama kali yakni pada saat menjadi lead. Bahkan, dengan kumpulan data yang tersimpan pada satu tempat ini pula, Anda dapat menganalisa arah pasar atau pelanggan-pelanggan Anda.

Itu adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan CRM untuk tim sales. Masih ragu dan membutuhkan penjelasan lebih lanjut? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com. Tim kami akan melayani Anda dengan senang hati.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK