Return to site

Hasil Penjualan Adalah Dari Pilihan Anda!

Pilihan yang harus dimiliki oleh seorang sales

· Tips Sales

Apa yang selama ini Anda pikirkan tentang penjualan? Apakah Anda selama ini berpikir bahwa penjualan adalah semata-mata karena keinginan pelanggan? Jawabannya adalah tidak, ada kalanya penjualan itu akan berhasil karena konsekuensi dari pilihan dari diri Anda sendiri. Ada tiga pilihan yang paling mendasar untuk menentukan pencapaian hasil penjualan.

1. Pilihan pada keyakinan/kepercayaan

Semua keberhasilan yang Anda capai merupakan buah dari keyakinan Anda. Begitu juga dengan penjualan yang dapat Anda capai. Keyakinan ibarat blue print dalam proses penjualan Anda. Jika Anda tidak berhasil, artinya Anda tidak memiliki keyakinan yang kuat bahwa sebenarnya Anda mampu.

Mungkin Anda adalah salah satu sales yang percaya bahwa pembeli melakukan pembelian karena harga, maka Anda harus berada pada posisi yang kuat untuk bisa mengubah kepercayaan pelanggan agar harga yang Anda tawarkan kepada mereka menjadi layak untuk dipertimbangkan.

2. Pilihan pada fokus

Fokus pada pekerjaan Anda, fokus pada target penjualan, fokus pada pelanggan Anda harus memiliki pilihan mana yang akan Anda prioritaskan terlebih dahulu. Anda tidak akan bisa fokus pada saat bersamaan. Jika Anda memiliki masalah pada pekerjaan, maka fokuslah pada pekerjaan Anda terlebih dahulu sebelum Anda fokus pada target penjualan Anda. Untuk bisa mencapai target, maka Anda harus fokus pada pelanggan.

3. Pilihan untuk bertindak

Ketika sudah memilih keyakinan dan fokus, Anda dapat memilih tindakan yang akan Anda lakukan untuk bisa mencapai penjualan. Apakah Anda akan melakukan panggilan untuk prospek, berkomunikasi via email atau akan mengajak meeting. Pilihlah tindakan yang paling efisien dan dapat memperpendek siklus penjualan.

Hasil akhir yang akan menentukan penjualan adalah tindakan Anda. Kesalahan dalam memilih tindakan akan menggagalkan upaya penjualan Anda. Berhati-hati dalam bertindak itu perlu, tetapi jangan membiarkan peluang hilang karena Anda terlambat dalam mengambil tindakan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda setuju bahwa penjualan tidak hanya terjadi karena pelanggan tapi juga dari pilihan yang diambil oleh sales person? Silakan tinggalkan komentar Anda dibawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com