Return to site

Pentingnya Sales Mengatakan Tidak Pada Prospek

Berani mengatakan tidak pada prospek!

· Tips Sales

Ketika kami membahas tentang harga, kami sering mengingatkan Anda untuk tidak mudah dalam memutuskan untuk mengikuti aturan pelanggan. Dimana aturan pelanggan yang kami sebutkan adalah ia ingin mendapatkan harga yang lebih rendah dari Anda dan bahkan ada yang tidak senggan untuk membandingkan harga Anda dengan kompetitor.

Tidak peduli seberapa baik produk Anda, ketika Anda menggeser nilai dari produk pada harga, Anda akan mengalami hal serupa berulang-ulang. Seharusnya, ketika Anda tidak mendapatkan hasil pada saat pelanggan sudah mengetahui nilai produk Anda, sudah saatnya Anda mengatakan tidak pada prospek.

Jika prospek menghubungi Anda kembali

Ketika prospek memutuskan untuk menghubungi Anda kembali, itu artinya ia sudah memahami betul bahwa produk Anda memiliki nilai yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan merupakan solusi yang tepat.

Prospek hanya memiliki satu kendala saat ingin mulai menggunakan produk Anda, dimana kendala tersebut adalah harga. Ia merasa kecewa karena harga yang Anda tawarkan terlalu tinggi dibandingkan dengan produk lain. Ia ingin memiliki, tapi juga ingin mengambil keuntungan dari upaya penurunan harga yang akan Anda lakukan.

Jika Anda menghadapi masalah tersebut cobalah untuk melakukan beberapa hal ini

1. Mencoba untuk menguatkan produk Anda pada internal perusahaan prospek

Untuk prospek B2B, Anda dapat menguatkan posisi Anda pada internal perusahaan. Yang artinya Anda dapat meminta prospek untuk mengumpulkan pihak yang memiliki hak untuk membuat keputusan. Kuatkan solusi Anda tetapkan nilai yang lebih meyakinkan tanpa harus menurukan harga.

2. Memberikan solusi saat mereka mampu tetapi tidak memiliki budget

Prospek Anda bersedia melakukan pembelian dengan harga yang telah Anda tentukan, tetapi mereka tidak memiliki budget yang cukup untuk melakukan pembelian. Menemukan prospek ini Anda dapat memberikan solusi baru seperti dengan menerima pembayaran cicilan. Tetapi, jika mereka pada akhirnya berubah pikiran dan mencoba meminta potongan harga, tegaskan kembali jawaban Anda, bahwa Anda sudah tidak bisa lagi menurunkan harga.

Anda memang tidak harus selalu mengatakan tidak, tetapi lihatlah prosesnya. Jika Anda merasa sudah tidak bisa lanjutkan, putuskan untuk mengatakan tidak. Dengan demikian Anda dapat mengakhiri negosiasi dengan satu pelanggan yang dapat menghabiskan waktu Anda.

Ilustrasi (c) Pixabay.com