Return to site

Tips Untuk Menjadi Leader Favorit Tim

Jadilah leader yang disukai oleh tim

· Leadership

Banyak orang yang tidak menyukai leader karena sikapnya yang terkadang semena-mena terhadap tim yang diasuhnya. Kebanyakan perusahaan yang mengalami kejadian seperti ini tidak dapat meningkatkan penjualan, bahkan cenderung mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena tim yang diasuhnya merasa tertekan dan hilang semangat dalam bekerja.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang leader dan menjadi favorit tim, berikut tips-tipsnya untuk Anda.

1. Penuh gagasan saat tim menghadapi kesulitan

Disaat tim Anda mengalami masalah yang serius dalam proses penjualan, Anda sebagai leader harus bisa memberikan ide-ide yang dapat membantu mereka. leader akan terus memberikan pengaruh terhadap keberhasilan tim. Jika leader tidak dapat membantu membuat ide-ide dalam penjualan, maka tim Anda hanya akan terbebani dalam melaksanakan tugas-tugas mereka setiap hari.

2. Memposisikan diri sama dengan tim

Anda memang memiliki jabatan dalam perusahaan, Anda memang menjadi pemimpin untuk tim Anda. Tetapi, jangan jadikan jabatan Anda sebagai pemberi jarak terhadap orang-orang yang Anda asuh. Posisikan diri Anda sama dengan mereka agar tim Anda tidak segan untuk meminta bantuan disaat mengalami kesulitan.

3. Jadikan tim Anda seperti keluarga

Tidak ada tempat yang paling nyaman kecuali dengan keluarga. Tim Anda bekerja dari berbagai kota yang bisa saja tidak bisa bertemu dengan keluarga mereka selama seminggu atau bahkan hingga beberapa bulan. Oleh karena itu, jadikan kantor sebagai rumah mereka, Anda sebagai leader menjadi orang tua untuk tim Anda tersebut. Jika tim Anda berada di kantor yang nyaman dan merasa menemukan keluarga baru, selain loyalitas yang mereka  berikan, mereka juga akan terus mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam bekerja.

4. Berterima kasih kepada tim

Jabatan yang Anda miliki saat ini tidak akan ada artinya jika Anda tidak memiliki tim. Anda tidak akan bisa menjual jika tidak memiliki tim. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk mengingat keberadaan tim dalam perusahaan. Semua hasil kerjanya perlu mendapatkan perhatian walau hanya sebatas ucapan terima kasih. Terima kasih dari Anda akan meningkatkan moral tim dan dapat meningkatkan kinerja mereka.

Itulah tips-tips untuk menjadi seorang leader favorit yang dapat kami berikan untuk Anda. Jika Anda sebagai anggota tim, bagaimana jika menemukan leader yang menerapkan 4 poin diatas? Silakan tinggalkan komentar Anda!

Ilustrasi (c) Unsplash.com