Return to site

Hubungan Leadership Salesperson & Penjualan

Pengaruh jiwa kepemimpinan terhadap penjualan

· Leadership

Selama Anda menjadi seorang sales, pernahkah Anda sadari bahwa Anda harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi? Tahukah Anda, tanpa leadership, Anda tidak akan bisa mengalahkan kompetitor dalam hal penjualan. Bahkan, jiwa kepemimpinan dalam diri Anda juga dapat meningkatkan penjualan Anda.

Mengapa demikian? Coba perhatikan, ketika Anda mencoba mengarahkan prospek untuk melakukan pembelian terhadap produk Anda, bukankah kondisi ini sudah menjadikan Anda sebagai seorang pemimpin untuk prospek tersebut?

Dari apa yang telah kami contohkan tersebut, sudah sangat cukup untuk membuktikan bahwa adanya jiwa kepemimpinan dalam seorang sales mampu mendorong peningkatan penjualan terhadap produk/layanan. Memang, Anda merasa sebagai seorang bawahan jika berada di kantor, karena Anda harus mengikuti arahan dari Sales Manager atau dari CEO. Tetapi, saat Anda berada di lapangan, Anda harus menjadi leader untuk prospek dan juga untuk diri sendiri.

Jiwa kepemimpinan yang Anda bawa saat berhadapan dengan pelanggan atau prospek pada khususnya, akan meningkatkan kepercayaan mereka kepada Anda. Dari kepercayaan inilah mereka akan mulai menunjukkan ketertarikan terhadap produk yang pada akhirnya mereka akan mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Sebaliknya, jika Anda tidak dapat menunjukkan kepemimpinan terhadap pelanggan maupun prospek, mereka juga tidak akan yakin Anda dapat memecahkan masalah yang mereka hadapi. Mereka pun tidak akan segan untuk menolak penawaran Anda pada saat itu juga.

Kepemimpinan berarti memiliki ketegasan, jika Anda tidak tegas dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan prospek terhadap produk/layanan yang ditawarkan, prospek dapat menilai Anda sebagai salesperson amatir dan bukan ahli dibidangnya. Padahal, pengetahuan terhadap produk, solusi dan masalah-masalah prospek merupakan kunci keberhasilan penjualan yang harus dimiliki oleh salesperson.

Jadi, kesimpulannya adalah jika Anda ingin mendapatkan penjualan yang lebih tinggi, Anda harus bisa menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang mampu mengayomi kebutuhan pasar, pemimpin dari prospek/pelanggan dan pemimpin dari diri Anda sendiri. Jika Anda sudah menguasai semua elemen tersebut, Anda juga dapat dengan mudah menjadi pemimpin dari kompetitor yang sepadan dengan produk/layanan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com