Return to site

Ini Akan Membuang Waktu Proses Penjualan Anda!

Jangan membuang-buang waktu yang Anda miliki!

· Tips Sales

Tanpa Anda sadari, ada banyak hal sederhana yang dapat menghabiskan waktu proses penjualan yang Anda miliki. Bahkan, tindakan yang seharusnya dapat Anda jadikan sebagai jembatan untuk mempercepat proses penjualan, menjadi hal yang merugikan diri Anda sendiri. Kenali beberapa hal yang dapat menghabiskan waktu Anda berikut ini, agar Anda dapat menjual lebih produktif.

 

1. Menjadikan email sebagai komunikasi utama dan mengesampingkan meeting

Anda berpikir bahwa mengubungi prospek terus menerus melalui email merupakan cara terbaik untuk proses penjualan. Bahkan, Anda berani menolak ajakan meeting dari prospek dengan lebih memilih komunikasi melalui email. Ketika Anda melakukan hal ini, bukan penjualan yang Anda dapatkan, tetapi Anda hanya akan menghabiskan waktu untuk yang dimiliki.

 

2. Memberikan waktu lebih pada prospek yang tidak memenuhi syarat sebagai prospek berkualitas

Memilih prospek tanpa data dan riwayat proses merupakan hal yang dapat menjerumuskan pada pemilihan prospek yang salah. Salesperson yang mempertahankan cara ini untuk bekerja, tidak akan pernah bisa menjual dengan baik. Ia pun akan lebih sulit dalam mendapatkan prospek yang berkualitas. Kesulitan dalam memilih inilah yang menjadikan sales membuang waktu mereka dalam bekerja. Waktu yang seharusnya diberikan kepada prospek yang berkualitas justru menjadi waktu untuk prospek yang tidak berkualitas.

 

3. Melakukan riset pelanggan melalui layanan telepon

Anda pasti pernah mendapatkan panggilan dari seorang sales yang melakukan survei melalui layanan ini. Padahal, melakukan riset dengan cara ini adalah salah satu tindakan yang dapat menghabiskan waktu sales dalam bekerja. Jika Anda ingin melakukan survei, saat ini sudah ada layanan email, sms atau bahkan dengan menggunakan aplikasi chatting. Daripada Anda menghubungi pelanggan satu persatu untuk melakukan survei, alangkah baiknya jika waktu untuk menelpon pelanggan Anda gunakan untuk melayani prospek berkualitas. Coba Anda bayangkan, dari 15 pertanyaan yang Anda miliki, jika satu pertanyaan membutuhkan waktu 30 detik untuk pelanggan, berapa jam yang Anda habiskan untuk mendapatkan jawaban dari 100 orang pelanggan?

 

“Telepon 100 pelanggan kan tidak perlu dilakukan sekali?”, memang benar, Anda dapat menelepon pelanggan hingga 5 pelanggan sehari, bukankah jika dari 15 pertanyaan, 1 pertanyaan butuh 30 detik, artinya Anda menghabiskan waktu 7 menit untuk 1 pelanggan, itupun jika pelanggan menjawab dengan cepat. Bagaimana jika mereka mengulur-ulur waktu untuk menjawab? Dari target 35 menit untuk 5 pelanggan, Anda justru dapat menghabiskan hingga 1 jam. Sedangkan dalam jangka waktu 1 jam tersebut dapat Anda maksimalkan untuk mem-follow up prospek-prospek berkualitas yang Anda miliki.

 

4. Memaksakan diri mengejar peluang yang sudah hilang

Prospek sudah mengatakan tidak kepada Anda, bakan ia juga sudah tidak tertarik lagi dengan produk yang Anda miliki, itu artinya Anda sudah kehilangan kesempatan dari prospek tersebut. Jika Anda menganggap penolakan ini hanya sementara dan memaksa untuk menghubungi prospek tersebut, yang ada Anda akan semakin tidak diterima oleh prospek.

 

Itulah hal-hal yang dapat menghabiskan waktu penjualan yang dapat kami berikan, ubahlah gaya Anda dalam setiap proses penjualan. Mulailah untuk bekerja lebih efektif dan menghindari semua prospek dan tindakan yang dapat menghabiskan waktu Anda dalam bekerja.

Ilustrasi (c) Unsplash.com