Return to site

Apakah Anda Salesperson Yang Sibuk Atau Produktif?

Membedakan sales sibuk dan produktif

· Tips Sales

Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka yang sibuk adalah orang-orang yang produktif. Namun, anggapan tersebut merupakan anggapan yang salah. Kesibukan serta produktivitas itu tidak ada hubungannya sama sekali. Bahkan keduanya memiliki arti dan pencapaian yang berbeda.

Salesperson sibuk

Jika Anda merupakan sales yang suka bertemu dengan prospek dari pagi sampai sore, itu artinya Anda merupakan seorang sales yang sibuk. Namun, kesibukan tersebut merupakan bagian dari pekerjaan yang harus Anda lakukan. Jika dalam setiap pekerjaan yang Anda kerjakan menjadi beban, maka ini hanya akan menjadi kesibukan untuk Anda tetapi tidak ada hasil yang bisa Anda dapatkan.

Kebanyakan salesperson yang sibuk adalah mereka yang tidak dapat memilih atau menyaring prospek-prospek yang ia dapatkan. Ia hanya bekerja, menyusun jadwal, berpindah-pindah tempat meeting dengan prospek, namun ia tidak tahu apakah prospek tersebut berkualitas atau tidak. Salesperson yang sibuk tidak dapat menjamin ia akan mencapai penjualan dari usaha yang ia lakukan setiap harinya. Bahkan ia tidak memiliki target yang jelas terkait apa yang ia kerjakan saat ini dan esok hari. Dalam pikirannya hanyalah, hari ini harus bekerja, besok bekerja dan seterunya. Namun ia tidak tahu kapan ia harus fokus pada pekerjaan untuk mempercepat prosesnya.

Salesperson produktif

Seorang salesperson yang produktif adalah orang yang mampu bekerja dengan baik, menyusun jadwal untuk mencari prospek yang berkualitas, memiliki target prospek yang jelas untuk dijadikan prioritas dan ia juga mampu mendekati target mencapai penjualan.

Salesperson yang produktif akan selalu membawa penjualan sekalipun ia harus menjalankan proses yang panjang. Salesperson produktif adalah yang bisa mengkonversi setidaknya satu dari tiga prospek yang ia miliki. Jika ia dapat menangani hal ini, tentu penjualan akan terus berlanjut dan waktu untuk melayani prospek pun memiliki proses yang lebih cepat.

Kesimpulan

Kesibukan seorang sales tidak bisa dianggap sebagai produktivitas, karena kesibukan tidak dapat menjanjikan penjualan yang lebih baik. Bahkan sibuk berarti proses yang panjang tetapi tidak memiliki konteks yang jelas kapan ia harus berhenti. Sedangkan produktif adalah kesibukan yang terukur dan memiliki potensi-potensi di dalamnya yang dapat dimaksimalkan untuk mempercepat proses penjualan.

Jadi, Anda termasuk salesperson yang mana? Salesperson sibuk atau salesperson produktif? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com