Return to site

Ini Yang Harus Anda Lakukan Agar Tidak Kehilangan Pelanggan

Menjaga pelanggan agar tidak mencari perusahaan lain

· Sales Strategy

Berusaha untuk memberikan pengalaman yang luar biasa untuk pelanggan adalah prioritas yang dilakukan oleh perusahaan saat ini. Dengan persaingan yang begitu keras, perusahaan harus benar-benar fokus pada pengalaman pelanggan mereka. Bukan hanya dengan pelayanan yang baik, tetapi juga pengalaman-pengalaman menarik tak terduga juga harus diperhatikan untuk menjadi pendukung yang kuat untuk mendorong brand produk maupun perusahaan. Kita tahu, sangat mudah bagi pelanggan untuk meninggalkan perusahaan karena banyaknya pilihan yang dapat mereka pilih saat ini. Ini merupakan ancaman tak terlihat yang harus diantisipasi jika ingin tetap mendapatkan loyalitas pelanggan. Sehingga, sangat penting bagi perusahaan untuk memahami dan mengerti semua pelanggan yang dimiliki saat ini. Berikut adalah 3 hal yang harus Anda perhatikan agar tidak pernah kehilangan pelanggan lagi.

1. Tingkatkan layanan demi kepuasan pelanggan

Perusahaan tentu memiliki data-data pelanggan mulai dari pembelian hingga komplain yang pernah dilakukan. Maksimalkan data yang dimiliki tersebut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan agar tingkat kepuasannya semakin meningkat. Jika perusahaan hanya mengejar pelanggan untuk melakukan pembelian dan tidak pernah menghiraukan komplain yang diberikan, pelanggan tidak akan pernah bisa merasa puas terhadap pelayanan perusahaan. Yang artinya, perusahaan telah gagal menjaga pelanggannya. Oleh karena itu, menjaga hubungan dengan pelanggan dan melayani dengan baik serta memberikan solusi saat menghadapi masalah terkait produk adalah hal penting yang tidak terbantahkan yang harus dilakukan oleh perusahaan. Implementasi CRM akan membantu Anda memperbaiki hubungan serta penyelesaian masalah komplain dengan lebih cepat.

2. Penawaran di waktu yang tepat

Kapan Anda harus menawarkan produk kepada pelanggan? Sebagian perusahaan menunggu pelanggan menghubungi untuk melakukan pembelian ulang dengan alasan lebih tepat sasaran. Padahal, memberikan penawaran yang lebih cepat daripada menunggu pemesanan ulang pelanggan jauh lebih baik. Karena, ini akan membantu pelanggan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.

3. Menghilangkan potensi pelayanan yang tidak imbang

Jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan, maka Anda harus selalu memantau pembelian yang dilakukan oleh pelanggan serta sikap pelanggan terhadap Anda. Apabila pelanggan yang biasanya melakukan pembelian besar, tetapi ia menurunkan pembelian secara bertahap pada pembelian-pembelian berikutnya, itu menandakan bahwa pelanggan tersebut memiliki potensi untuk berpindah pada perusahaan lain. Disini, peran penting bagi perusahaan untuk selalu melihat indikator pembelian pelanggan baik dengan sistem CRM maupun dengan cara tradisional. Berikan pelayanan lebih dan mencoba mencari tahu keluhan yang dialami oleh pelanggan ketika ia mengurangi jumlah pembelian merupakan langkah antisipasi yang harus dilakukan perusahaan. Ketika perusahaan terlambat mencari tahu alasan penurunan pembelian tersebut, potensi kehilangan pelanggan akan lebih besar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com