Return to site

Bagaimana Meningkatkan Nilai Untuk Pelanggan?

Menarik minat pelanggan agar lebih loyal kepada perusahaan

· Customer Service

Selain membuat diferensiasi terhadap produk/layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan, Anda juga dapat meningkatkan nilai terhadap bisnis dengan memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggan. Meningkatkan kualitas layanan pelanggan ini menjadi sangat berarti untuk pelanggan dan merupakan titik awal tumbuhnya loyalitas pelanggan agar selalu melakukan pembelian ulang. Frekeunsi pembelian ini yang akan menandakan bahwa bisnis Anda memiliki nilai dan kelebihan bagi pelanggan-pelanggan Anda. Contoh, Anda dapat memberikan layanan berdasarkan tingkat pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Umumnya, ini diberikan untuk pelanggan prioritas dan non-prioritas. Konsep seperti ini umumnya diberikan kepada pelanggan dengan pembelian besar. Tetapi, jika Anda sadar bahwa untuk menentukan prioritas pelanggan seharusnya tidak dinilai dari jumlah pembelian yang dilakukan saja. Melainkan juga melihat sisi tingkat keseringan pelanggan dalam melakukan transaksi.

Melihat pelanggan yang begitu loyal namun dengan jumlah pembelian yang Anda anggap kecil, sudah sepantasnya ia mendapatkan penghargaan lebih dari perusahaan. Anda memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan ini tidak akan merugikan perusahaan Anda. Dedikasi pelanggan yang dihargai akan membuat pelanggan merasakan manfaat yang lebih besar daripada sekedar menggunakan produk saja.

Apa yang saat ini Anda tawarkan sebagai layanan pelanggan selama proses pembelian atau setelah melakukan pembelian adalah titik awal penjualan. Kemudian, Anda harus mengetahui hal-hal spesifik yang diinginkan oleh pelanggan untuk menjadi nilai tambah layanan demi meningkatkan kepuasan. Kreativitas dan inovasi harus Anda hadirkan untuk meningkatkan kualitas layanan tersebut. Anda juga harus paham bahwa apa yang Anda berikan kepada pelanggan ini adalah untuk masa depan dan adanya rasa ketergantungan perusahaan terhadap pelanggan.

Inovasi dan kreativitas dalam memberikan layanan ini dapat menjadi nilai lebih untuk bisnis Anda dan kesiapan dalam mengungguli pesaing-pesaing Anda. Pahami apa yang harus Anda kerjakan agar Anda tetap siap dalam menjaga loyalitas pelanggan. Biarkan pelanggan yang merasakan manfaat dari produk/layanan dengan dukungan serta layanan pasca pembelian. Terus kembangkan layanan dan dukungan pelanggan Anda, jadilah perusahaan yang siap memiliki pelanggan berkualitas yang akan terus mendukung bisnis Anda.

Kesimpulan:

Untuk mengembangkan dan meningkatkan nilai untuk pelanggan, yang harus Anda lakukan adalah dengan fokus pada frekuensi pembelian pelanggan, bukan jumlah yang dikeluarkan dalam satu atau beberapa kali pembelian. Mengeluarkan sisi kreativitas dan inovasi Anda agar nilai dari layanan Anda semakin disukai oleh pelanggan untuk melakukan retensi pembelian.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly