Return to site

Yang Akan Anda Rasakan Dengan Data & Otomasi

Kemudahan yang didapat dari otomasi

· Sales Strategy

Teknologi-teknologi pengolahan data seperti Artificial Intelligence (AI) maupun Machine Learning (ML) mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Perusahan-perusahaan teknologi besar dan startup terus tumbuh untuk mengembangkan teknologi ini guna memperbaiki produktivitas dan efisiensi bisnis maupun kehidupan personal. Dalam dunia sales, teknologi ini sudah mulai dikenal dan mendapatkan respon yang positif dari berbagai perusahaan. Alasan utama sebuah perusahaan menggunakan teknologi AI adalah untuk otomasi dalam pengolahan data. Sehingga tim sales yang memiliki peran penting untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dapat memilih strategi penjualan yang tepat dengan bantuan AI/ML. Namun, keberhasilan sales dalam mencari formula yang tepat dalam strategi penjualan tidak lepas dari peran tim saat memasukkan data pada suatu sistem atau alat yang akan berfungsi dengan baik melalui bantuan sistem pengolahan data. Berikut adalah beberapa peran dari otomasi dan data untuk tim sales agar dapat bekerja lebih efisien dan lebih produktif dalam menjual.

1. Memudahkan tim sales untuk menentukan fokus dalam menjual

Seperti yang diketahui, data menjadi aset bagi perusahaan dan tim sales untuk bekerja. Dengan bantuan data dan pengelolaan secara otomatis membuat tim sales dapat menganalisa data dengan cepat. Hal inilah yang menjadi kunci bagi tim sales untuk tetap fokus dalam menjual. Karena, tim sales dapat menentukanprospek manayang perlu diprioritaskan dengan potensi penjualan yang baik untuk jangka panjang perusahaan.

2. Merencanakan strategi penjualan yang lebih cepat dengan integrasi data

Data penjualan, data lead, data prospek bahkan data komplain yang berada dalam satu tempat membuat tim sales dapat mengelola strategi dengan cara yang lebih cepat. Bahkan, dengan alat yang tepat, tim dapat mengintegrasikan data-data penjualan ini untuk merencanakan strategi penjualan dalam menentukan teritori atau wilayah target pasar dengan tingkat potensi yang besar.

3. Meningkatkan efisiensi waktu bekerja

Kemampuan AI dalam mengelola data memiliki kecepatan jauh di atas rata-rata kemampuan manusia. Hal ini pun membawa tim Anda dapat menganalisa dan mengambil langkah strategis dengan lebih cepat. Artinya, tim sales dapat menghemat waktu mereka dalam bekerja berkat bantuan dari teknologi AI.

4. Melakukan eksekusi setiap perencanaan dengan lebih yakin dan percaya diri

Gabungan pemikiran berbasis teknologi dan hasil analisa data dari tim sales membuat tim dapat mengambil tindakan dengan lebih percaya diri. Hal ini tentu berbeda apabila tim hanya mengandalkan kemampuan pengolahan data secara manual. Selain memakan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan data, mental dari tim sales sendiri pun sangat berpengaruh untuj mengambil keputusan. Terlebih lagi bagi mereka yang masih ragu untuk menjalankan strategi penjualan sesuai panduan dari leader maupun rekan satu tim.

Ilustrasi (c) Unsplash.com