Return to site

Tips Untuk Menemukan Target Pasar Yang Tepat

Jangan asal tembak, temukan pasar yang ideal untuk bisnis Anda!

· Sales Strategy

Kunci keberhasilan dalam penjualan adalah dengan pemetaan wilayah pemasaran dan penguasaan pasar yang harus menjadi target sejak awal sebelum melakukan kampanye. Ketika tim sales dan tim marketing tidak memiliki wilayah pasti untuk menawarkan produk, tentu mereka akan lebih sering menghadapi kegagalan dalam menjalankan strategi-strategi dari perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dan leader harus bisa membuat wilayah pemasaran yang jelas agar tim dapat fokus dalam bekerja guna menguasai wilayah tersebut. Berikut kami berikan beberapa tips untuk menemukan targate pasar yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

1. Melihat target dengan fokus pada pola pelanggan

Setiap pelanggan tentu memiliki pola pembelian yang berbeda-beda. Ini juga dapat terjadi pada suatu pasar. Untuk Itu, Anda perlu mencari tahu seperti apa pola pelanggan-pelanggan yang menjadi target tersebut. Anda tidak dapat masuk pasar untuk menawarkan produk dengan mudah. Oleh karenanya, mulailah dengan menentukan target pasar yang ingin Anda kuasai, kemudian mulai masuk untuk menawarkan produk jika pasar tersebut sesuai dengan kriteria Anda yang mana strategi pemasaran sudah Anda sesuaikan dengan pola pelanggan.

2. Memberikan peringkat pada pasar untuk menentukan fokus

Setelah Anda menemukan target pasar, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan peringkat terhadap pasar tersebut. Penilaiannya pun harus dengan ketat untuk menjamin kualitas dan potensi yang akan Anda dapatkan ketika masuk pada pasar tersebut. Seperti mengelompokkan dari yang membutuhkan solusi besar, tingkat persaingan produk dan potensi pendapatan yang akan didapatkan. Tentu Anda yang memiliki bisnis sangat memahami kebutuhan-kebutuhan yang harus Anda masukkan dalam sistem peringkat pasar.

3. Memilih tim yang tepat untuk pasar yang sudah Anda tentukan berdasarkan peringkat

Setiap pasar memiliki tantangan dan kesulitan yang berbeda-beda. Sangat penting bagi Anda untuk memberikan tanggung jawab wilayah pada orang yang tepat. Sesuaikan pasar dengan kemampuan tim Anda, maka mereka dapat menguasai pasar sesuai  dengan baik dan produktif.

4. Evaluasi

Faktor kekuatan ekonomi, kebiasaan, daya beli dan kompetisi merupakan hal-hal yang berpengaruh pada peringkat wilayah pasar yang Anda kuasai. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu mengevaluasi wilayah pasar Anda. Dengan mengambil tindakan ini, Anda dapat memilih wilayah mana yang paling potensial dan wilayah yang tidak produktif. Sehingga akan sangat mudah bagi Anda untuk memutuskan apakah layak untuk dipertahankan atau tidak.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly