Return to site

Ini Yang Harus Anda Lakukan Sebagai Sales Leader

Peran dari leader yang sebenarnya!

· Leadership

Sebagai sales leader/sales manager, Anda harus memiliki kapasitas untuk mengendalikan semua kondisi yang dialami oleh tim Anda. Apa pun itu, Anda tidak boleh menyalahgunakan kekuasaan Anda untuk hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh leader. Apapun yang Anda lakukan adalah untuk tim, tanpa tim Anda juga tidak akan disebut sebagai sales manager. Jadi, untuk Anda yang saat ini menjabat sebagai sales leader/manager, berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan untuk tim.

1. Berikan pujian kepada tim jika berhasil mencapai penjualan dengan baik maupun tidak

Selama tim Anda bekerja dengan seharusnya, Anda harus tetap memperhatikan usaha yang diberikan oleh tim. Sukses atau tidak dalam penjualan atau mencapai target itu adalah hasil yang sudah pasti terjadi. Untuk itu, apabila tim Anda sudah bekerja dengan baik, menjalankan strategi sesuai arahan maka Anda harus tetap memberikan pujian terhadap kerja keras yang sudah mereka berikan untuk perusahaan.

2. Jangan hanya menyalahkan tim ketika gagal

Tim sales berada di bawah kendali Anda. Kegagalan, kesalahan dalam menjalankan strategi tidak semata-mata harus Anda limpahkan semuanya kepada tim. Semua keberhasilan dan kegagalan yang didapat oleh tim juga merupakan tanggung jawab Anda. Bukan menyalahkan semua kesalahan kepada mereka, tetapi bimbinglah mereka untuk bekerja lebih baik.

3. Berikan waktu Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan tim

Jangan biarkan tim Anda merasa jauh dengan Anda. Jalin hubungan yang baik dengan tim agar jika mereka menghadapi suatu masalah serius terkait penjualan, mereka dapat berbicara langsung kepada Anda. Semakin dekat Anda dengan tim, ini akan lebih baik untuk menjaga keseimbangan kinerja tim Anda.

4. Tim dan pelanggan adalah aset yang harus Anda jaga

Pelanggan adalah aset untuk menambah keuntungan perusahaan. Sedangkan tim sales adalah aset untuk memupuk pertumbuhan pelanggan demi perusahaan. Jika Anda tidak mampu menjaga kesolidan dari tim Anda, yang terjadi adalah Anda harus selalu mengubah formasi tim yang dapat menunda tim untuk menghasilkan penjualan yang maksimal.

5. Pertahankan tim sebaik mungkin

Jika Anda sudah memiliki tim yang solid, jaga dan pertahankan formasi tim Anda saat ini. Karena, dengan menjaga formasi tim yang ada, menjaga hubungan dengan pelanggan pun akan lebih mudah untuk dilakukan. Anda pun tidak perlu memberikan pelatihan-pelatihan baru karena mayoritas tim sudah memahami tugasnya masing-masing. Kecuali, Anda ingin menambah anggota tim dikarenakan adanya pertumbuhan bisnis.

Ilustrasi (c) Unsplash.com