Return to site

Definisi Brand Loyalty & Mengapa Penting Untuk Penjualan

Brand loyalti dan manfaatnya untuk penjualan

· Tips Sales

Brand loyalty tentu sudah sangat sering Anda dengar dalam dunia penjualan. Namun, bagi Anda yang baru ingin masuk pada dunia sales, mungkin brand loyalty ini masih cukup asing untuk dikenal. Untuk itu, kami akan memberikan definisi brand loyalty dan betapa pentingnya untuk penjualan agar Anda dapat melaksanakan tugas penjualan dengan baik.

 

Definisi brand loyalty (loyalitas terhadap merek)

“Brand loyalty adalah suatu kondisi di mana pelanggan yang melakukan pembelian secara berulang terhadap brand/merek Anda, membangun kepercayaan terhadap brand Anda dan konsisten menggunakan brand Anda serta tidak peduli dengan apa pun yang ditawarkan oleh pesaing.”

 

Pada suatu contoh, ketika pelanggan mendatangi suatu toko untuk membeli produk dengan merek Anda, namun pada toko tersebut tidak dapat ditemukan brand yang Anda miliki, ia akan memilih untuk pulang dan tidak mencari alternative produk dari brand lain. Ini adalah bentuk dari brand loyalty yang sesungguhnya. Untuk mendapatkan loyalitas pelanggan dari brand yang Anda miliki, Anda harus bisa melibatkan kekuatan emosional pelanggan yang bisa Anda dapatkan dengan membangun hubungan yang baik dengan semua pelanggan yang Anda miliki.

 

Berapa jumlah pembelian yang harus dilakukan oleh pelanggan untuk dapat dianggap sudah setia pada brand Anda?

Tidak ada jumlah pasti kapan pelanggan dapat dianggap sudah setia pada brand Anda. Tetapi, jika pelanggan sudah melakukan pembelian setidaknya 3-5 kali, ini sudah menunjukkan bahwa pelanggan ini sudah memiliki potensi untuk lebih loyal terhadap produk yang Anda tawarkan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, sebaiknya Anda melakukan riset sendiri untuk menemukan jumlah pasti dari pelanggan yang loyal terhadap brand Anda.

 

Mengapa membangun loyalitas terhadap brand itu penting?

Brand loyalty sangat penting untuk setiap bisnis yang sedang mengalami pertumbuhan. Loyalitas terhadap brand akan membantu perusahaan memupuk basis pelanggan yang lebih menguntungkan. Sehingga, Anda dapat mendorong pembelian berulang (retensi) dari pelanggan. Bahkan, ketika loyalitasnya sudah semakin kuat, ia akan meningkatkan jumlah pembelian dan juga akan siap membangun komunitas untuk brand Anda. Efek jangka panjang dari keberhasilan Anda dalam mengembangkan brand loyalty adalah kemudahan pelanggan untuk semakin percaya, puas dan merekomendasikan brand Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK