Return to site

Ini Yang Harus Dilakukan Leader Saat Tim Tidak Bisa Menjual

Tim gagal menjual, coba cek strategi Anda!

· Tips Sales,Tips Marketing

Gagal menjual, pasar sedang lesu, keuntungan menurun, penjualan tidak maksimal, target terancam tidak bisa dicapai merupakan masalah besar yang dihadapi oleh tim sales dan marketing. Tetapi, masalah-masalah tersebut bukanlah hal yang harus Anda keluhkan. Tetapi, masalah yang Anda hadapi saat kondisi pasar seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk mulai meningkatkan kinerja.

 

Ketika penjualan menjadi masalah besar dalam perusahaan, sebelum memutuskan untuk menyalahkan tim, memecat anggota tim ada baiknya mulai memperhatikan secara baik-baik apa yang membuat penjualan Anda tidak maksimal dan cenderung gagal. Tanyakan pada diri Anda sendiri pada serangkaian pertanyaan berikut ini.

 

1. Sudahkah Anda mendefinisikan arah penjualan Anda?

Menentukan arah kemana Anda harus mulai bekerja agar dapat mewujudkan penjualan adalah hal yang paling utama ketika menghadapi masalah penjualan. Bagaimana tim Anda dapat bekerja dengan fokus apabila Anda tidak bisa menentukan arah sebelum mereka bekerja.

 

2. Sudahkah Anda menghubungi pelanggan yang sangat menyukai produk Anda?

Pelanggan yang sangat mencintai produk Anda adalah sumber kekuatan penjualan Anda. Jika Anda melupakan mereka dan tidak pernah menghubungi mereka bukan hal sulit bagi mereka untuk mencari perusahaan lain.

 

3. Apakah Anda mampu membawa tim bekerja maksimal?

Cari tahu apakah tim Anda sudah bekerja maksimal atau cara Anda memimpin dan membuat strategi memperlambat kinerja mereka atau tidak. Tanpa mengetahui hal ini, Anda tidak akan pernah bisa membawa tim untuk bekerja lebih baik.

 

4. Apakah Anda memberikan tanggung jawab pada orang yang tepat?

Saat tim sales bekerja, apakah Anda telah memilih anggota tim yang tepat untuk menghadapi prospek? Coba Anda perhatikan lagi, bagaimana mungkin Anda berhasil memberikan prospek yang memiliki pengalaman jauh lebih tinggi tentang produk dengan mengirimkan anggota tim yang masih minim pengalaman atau yang memiliki skill pemula. Oleh karena itu, tetapkan tanggung jawab pada anggota tim yang tepat agar dapat membawa pelanggan untuk perusahaan.

 

5. Apakah Anda sudah membantu tim untuk memahami produk dengan baik?

Product knowledge adalah hal penting yang harus dimiliki oleh tim, oleh karena itu tugas Anda sebagai leader untuk memberi semua informasi secara terperinci tentang produk/layanan yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com