Return to site

Tips Membuat Rencana Pemasaran Untuk Marketer Newbie

Perencanaan pemasaran yang harus diperhatikan oleh marketer

· Tips Sales

Para pengusaha dan manager tentu sudah sangat terbiasa dan memahami pentingnya rencana bisnis untuk memberikan pandangan terbuka tentang upaya perkembangan dan pengoperasian bisnis. Namun ini hanya hanyalah pintu gerbang untuk mendapatkan investor atau pelanggan.

Sementara bagi seorang marketer, rencana marketing merupakan upaya perusahaan untuk mencari generasi penerus pelanggan, kesadaran terhadap merek, pertimbangan terhadap merek serta penjualan.

Rencana pemasaran harus didasarkan pada rencana bisnis, sedangkan rencana bisnis harus berbasis pada pasar yang membantu pemilik bisnis menerapkan rencana pertumbuhan.

Dasar-dasar dalam perencanaan pemasaran

Setiap rencana pemasaran haruslah mencakup tujuan, strategi dan taktik. Anda harus memahami bagaimana cara Anda membuat perenencanaan pemasaran dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Apa tujuan dari rencana yang akan dibuat?
  2. Langkah spesifik seperti apa yang harus diambil agar dapat mencapai tujuan tersebut?
  3. Siapa target pasar yang akan Anda tuju, di mana mereka berada dan bagaimana cara Anda mencapainya?
  4. Produk apa yang ingin Anda jual atau promosikan?
  5. Bagaimana cara Anda menentukan garis waktu serta anggaran yang akan digunakan?
  6. Bagaimana cara Anda mengukur hasil dari marketing serta rencana yang telah Anda susun?

Dari semua pertanyaan di atas, Anda sebagai seorang leader atau tim marketing harus bisa memetakan semua jawaban agar menjadi sebuah roadmap untuk pelanggan-pelanggan yang ingin didapatkan.

Anda juga harus mencocokkan pesan dalam marketing dengan taktik/strategi yang dijalankan untuk menemukan sebuah titik yang paling tepat agar mampu membawa pelanggan. Oleh karena itu, rencana pemasaran membutuhkan pemetaan dan eksekusi yang sesuai. Dalam hal ini kapan akan melakukan pemetaan ulang saat Anda merasa rencana yang telah dilakukan sebelumnya gagal.

Pada akhirnya, apa pun model pendekatan yang akan Anda lakukan, sangat penting untuk memantau hasil dari rencana pemasaran yang Anda lakukan dengan membuat penyesuaian hingga merasa bahwa penyesuaian tersebut adalah yang paling sesuai untuk pasar saat ini. Anda juga perlu memperhatikan fokus tim marketing, ketekunan, kemampuan berpikir strategi, daya tahan dan kesabaran agar proses dalam menjalankan perencanaan marketing ini berjalan sesuai harapan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com