Return to site

Solusi Smart City Part 7: Smart Retail

Peran Smart City untuk perkembangan bisnis retail

· Smart City Indonesia

Smart City adalah kota yang memiliki lingkungan dimana data geospasial yang akurat dan komprehensif yang dapat ditangkap secara real-time. Teknologi sensor canggih yang dipasangkan diberbagai sudut gedung maupun tempat-tempat lain dapat mengamati berbagai elemen disekitar kota mulai dari arus lalu lintas, volume kendaraan dan pejalan kaki, kondisi infrastruktur juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan Smart Retail.

 

Bagaimana Smart City begitu berpengaruh pada pengembangan Smart Retail?

 

1. Mengembangkan business intelligence

Dengan mengembangkan Smart Building  yang di dalamnya terdapat komputer internal beserta teknologi sensor yang dipasangkan, pemilik retail dapat mengelompokkan semua data yang terkumpul tentang volume orang-orang di sekitarnya. Sehingga Smart City dapat menjadi pintu gerbang yang dapat meningkatkan inteligensi bisnis yang lebih baik. Karena dengan volume pelanggan dan orang-orang sekitar pemilik retail dapat meningkatkan konversi yang dihasilkan dengan metode marketing yang tepat.

 

2. Pemasaran digital

Dengan aplikasi dan situs locational yang saat ini menjamur pada perangkat smartphone milik konsumen, pemilik toko/retail dapat memanfaatkan salah satu sumber ini untuk memasarkan produk. Sedangkan sensor pintar yang terdapat pada smart building dapat membantu Anda melacak pergerakan pelanggan. Dengan menggunakan pemetaan pergerakan pelanggan saat berada diluar toko, tim marketing dapat memetakan lokasi untuk memasarkan produk dengan tepat serta dapat menentukan lokasi pemasangan materi kampanye (baliho, billboard) di lokasi-lokasi dimana pelanggan sering melewatinya.

 

3. Keamanan

Anda mungkin sudah pernah mendengar dengan Smart Tag yang dikeluarkan perusahaan ritel besar dari Amerika. Konsep ini sudah muncul sejak tahun 2010 lalu dan sangat tepat apabila dikombinasikan dengan Smart Retail. Yang artinya, keamanan inventory seperti barang dagangan, inventaris toko seperti komputer, mesin kasir dan sebagainya dapat dilacak dengan cepat apabila terjadi kehilangan di toko tersebut.

 

Keamanan lainnya adalah dengan memanfaatkan Smart Public Safety/Service Solutions, perusahaan dapat dengan cepat melaporkan kepada pihak berwajib apabila terjadi tindak kriminal. Bahkan dengan memanfaatkan rekaman CCTV, pelacakan pelaku pun dapat segera dilakukan oleh pihak kepolisian.

 

Itulah tiga manfaat kehadiran Smart City yang dapat mendukung kehadiran Smart Retail untuk para pelaku bisnis. Bagaimana pendapat Anda tentang Smart Retail ini, apakah akan sukses diterapkan di Indonesia? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com