Return to site

Integrasi Data Pelanggan Dalam Satu Tempat Dengan CRM

· CRM Indonesia,CRM Software

Mengintegrasikan data seluruh pelanggan dalam satu tempat merupakan tantangan besar yang harus diatasi oleh perusahaan. Karena, semakin banyak tempat yang digunakan untuk menyimpan data pelanggan, tingkat atau potensi kegagalan untuk bisnis Anda akan semakin terbuka. Bahkan kesalahan kecil dalam pengumpulan data pelanggan dapat menjadikan proses kacau. Sehingga, ketika Anda menyimpan pada tempat yang berbeda-beda dan cenderung tidak teratur, semua kegagalan penjualan merupakan tanggung jawab perusahaan bukan lagi tim sales.

Karena, pengelolaan data dengan baik adalah langkah utama yang harus Anda lakukan sebelum memikirkan strategi penjualan dan pelayanan yang sukses. Dikarenakan setiap hari data-data dari seluruh tim mengalami pertumbuhan, maka Anda harus menyiapkan penyimpanan data yang lebih efisien dan berada dalam satu tempat yang terpusat tetapi dapat diakses oleh semua tim yang memiliki hak untuk mengaksesnya.

Pergeseran setiap format data yang berorientasikan pada pelanggan memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi yang lebih baik. Karena data adalah sumber kekuatan untuk seluruh perjalan bisnis. Data juga merupakan bagian penting bagi perusahaan untuk membuat strategi-strategi baru dalam menghadapi tantangan pasar. Tanpa data, perusahaan tidak akan pernah mengerti bagaimana kondisi pasar, produk seperti apa yang dibutuhkan pasar dan lain sebagainya. Selain untuk memahami kondisi pasar, data juga merupakan satu-satunya informasi yang dapat Anda percaya untuk memahami kondisi dan kualitas prospek/pelanggan Anda. 

Mengumpulkan data dalam satu sistem terpusat akan membuat tim lebih mudah dalam bekerja, menghemat waktu dan juga dapat meningkatkan produktivitas mereka. Jika Anda menyimpan data pada beberapa arsip tradisional/semi-modern (bentuk spreadsheet data pelanggan), tim sales akan menghabiskan waktu setidaknya 10-30 menit untuk mencari data yang tidak ada pada tempat biasanya. Ketika tim sales berada di luar kantor, mereka tidak dapat mengakses data tersebut. Sehingga, tim sales harus kembali ke kantor untuk melihat data-data yang pelanggan.

Inilah fungsi penyimpanan data pada cloud seperti CRM berbasis cloud yang membantu tim bekerja lebih efisien dan produktif dalam bekerja. Implementasi penggunaan CRM juga dapat memudahkan tim dalam menganalisa data dan mengakses data di mana pun ia berada tanpa harus bolek-balik kantor. Ia juga dapat mengubah data kapan pun selama ia terhubung dengan internet. Kebutuhan akan data pelanggan semakin akurat karena tim hanya perlu mengakses satu sistem.

Ilustrasi (c) Unsplash.com