Return to site

Strategi Untuk Menambah Tingkat Loyalitas Pelanggan

· Strategi Sales,Tips Sales

Setiap perusahaan tentu memiliki strategi berbeda untuk penjualannya. Terlepas dari perbedaan tersebut, sebagian besar perusahaan selalu gagal dalam mengembangkan bisnisnya apabila tidak memiliki komitmen untuk meningkatkan loyalitas pelanggan-pelanggannya. Jika Anda tidak ingin bernasib sama dengan mereka yang gagal, berikut adalah beberapa tips untuk menambah tingkat loyalitas pelanggan-pelanggan yang Anda miliki.

1. Tawarkan keahlian bukan produk

Semua pelanggan membutuhkan orang yang dapat memenuhi kebutuhannya. Jika Anda menawarkan produk, ada banyak sales yang juga menawarkan produk mereka kepada prospek. Artinya, cara tersebut sangat rentan untuk menghasilkan kegagalan. Oleh karena itu, ubahlah cara Anda dari menawarkan produk menjadi menawarkan keahlian untuk pelanggan-pelanggan Anda. Ketika pelanggan benar-benar melihat keahlian Anda, akan sangat mudah bagi mereka untuk berkonsultasi dan memilih produk Anda sebagai keputusan terakhir.

2. Menyediakan produk dan layanan yang berkualitas

Setelah Anda menawrakan keahlian pada prospek, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menjaga kualitas produk dan layanan. Anda bisa saja mengurangi kualitas layanan untuk mendapatkan keuntungan dan menjaga harga tetap sama tanpa memberatkan pelanggan. Namun, apakah Anda yakin ketika pelanggan sadar bahwa ada yang berbeda dengan produk dan layanan yang Anda berikan, pelanggan ini tidak akan pergi dari Anda? Kami yakin, ketika Anda mengambil langkah dengan mengurangi kualitas produk dan layanan, akan sangat cepat bagi Anda untuk kehilangan pelanggan.

3. Personalisasi pengalaman pelanggan

Pelanggan Anda akan melihat ada banyak iklan setiap harinya, ketika Anda tidak memiliki kesempatan untuk dilihat oleh mereka, maka peluang Anda pun akan sangat sulit untuk mendapatkan loyalitasnya. Personalisasikan setiap email yang Anda kirimkan kepada pelanggan, agar mereka sadar bahwa Anda melihat mereka sebagai pelanggan Anda.

4. Meminta feedback dan lakukan untuk kepentingan pelanggan

Perusahaan yang bersedia mendengarkan masukan dari pelanggan adalah perusahaan hebat yang perlu mendapatkan apresiasi. Jika Anda ingin mendapatkan apresiasi dari pelanggan, maka mintalah feedback pada mereka. Jangan hanya meminta testimonial tetapi maksimalkan kritikan untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih baik.

5. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Pelanggan memiliki hak untuk mendapatkan perhatian perusahaan. Oleh karena itu, maksimalkan peluang tersebut dengan selalu menjaga hubungan baik. Hubungan baik yang Anda berikan kepada pelanggan akan meningkatkan loyalitas dan lebih mudah dalam menambah pembelian produk Anda. Implementasikan software untuk menjaga hubungan dengan pelanggan sangat diperlukan agar Anda dapat memantau semua data tentang pelanggan dengan mudah dan cepat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK