Return to site

5 Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Sales Pemula Agar Menjadi Sales Profesional

· Motivasi,Tips Sales

Menjadi sales, harus bisa terus menatap ke depan, jangan menjadikan masa-masa sulit dalam penjualan sebagai penghalang bagi Anda untuk bisa terus berkembang. Karena, setiap kesulitan yang Anda hadapi saat ini merupakan awal keberhasilan Anda di masa yang akan datang. Terlebih lagi, bagi Anda yang baru saja masuk dalam dunia sales, kesalahan-kesalahan sudah pasti akan sering terjadi pada Anda. Bahkan Anda juga bisa saja gugup ketika melakukan negosiasi dengan prospek. Tetapi, kejadian-kejadian tersebut lah yang nantinya akan membantu Anda menjadi seorang sales profesional. Nah, untuk Anda yang ingin tumbuh dan dapat menunjukkan hasil penjualan yang lebih baik, berikut adalah tips-tips untuk Anda.

1. Mengembangkan jaringan bisnis sendiri

Membuat jaringan bisnis adalah dengan membuka sebuah komunitas yang baik untuk penjualan Anda. Sebagai contoh, Anda membuat komunitas untuk produk atau membuat komunitas yang berkaitan dengan produk Anda.

2. Mulailah berkenalan

Jika Anda baru dalam posisi ini, mulailah berkenalan dengan orang-orang sales di sekitar Anda terutama yang menduduki posisi sales senior di perusahaa. Selain dengan sales internal, Anda juga dapat mencari influencer dari perusahaan lain.

3. Berbicara dengan pelanggan

Berbicara dengan pelanggan akan semakin memperbaiki komunikasi ketika menghadapi pelanggan baru. Selain itu, berbicara dengan pelanggan akan membantu Anda mencari tahu kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan mereka dan juga untuk membantu mempercepat negosiasi dengan prospek baru.

4. Membaca buku tentang bisnis dan penjualan

Pelajari tentang peran dan tanggung jawab Anda sebagai seorang sales. Mencari tahu bagaimana seorang sales profesional melakukan evaluasi, mencari prioritas pelanggan dan bagaimana proses kerja yang mereka lakukan. Karena setiap perspektif sales profesional sering kali berbeda tiap menghadapi permasalahan dalam penjualan. Hal ini pun akan sangat penting untuk membantu memperbaiki kinerja Anda.

5. Bertukar ide dengan rekan

Dalam sebuah perusahaan, antara tim marketing dan tim sales harus bekerja beriringan, jangan pernah menciptakan persaingan di dalam tubuh tim, karena dapat merusak kinerja penjualan. Ketika Anda memiliki sebuah gagasan, cobalah untuk berkumpul dengan semua anggota tim, dan mintalah saran kepada mereka, apakah gagasan Anda akan berjalan dengan baik untuk meningkatkan penjualan atau perlu perbaikan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK