Return to site

3 Masalah Perusahaan Yang Tidak Menggunakan CRM

Hal-hal yang dapat diatasi dengan CRM

· CRM Indonesia,CRM Software

Kehadiran CRM memberi solusi yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya oleh para salesperson maupun bagi tim marketing. Namun, apa jadinya jika perusahaan selalu menutup mata dengan kehadiran CRM dan enggan untuk mengimplementasikan platform ini untuk bisnisnya? Berikut adalah beberapa hal yang membuat tim sales mengalami berbagai macam kesulitan dalam proses untuk meningkatkan penjualan jika tidak dilengkapi dengan sistem CRM.

1. Kesulitan dalam memilih profil lead berkualitas

Hal pertama yang akan dialami oleh tim sales adalah mereka akan lebih sulit untuk menentukan profil lead yang harus dimasukkan pada daftar prospek berdasarkan kualitas yang mereka miliki. Jika segala proses tidak tercatat dalam satu sistem seperti CRM, tim sales harus mencari dan mengumpulkan informasi tersebut dari awal. Masalah lain yang terjadi adalah, sales menjadi lebih sering untuk melakukan pencarian data pelanggan secara berulang-ulang dan berpotensi semakin membuang banyak waktu. Namun, dengan menggunakan CRM, hal semacam ini tidak perlu terjadi lagi, karena semua data  tersimpan dalam bentuk digital yang dapat diakses kapan pun dan berada pada satu tempat.

2. Proses administrasi yang terlalu panjang dan membuang waktu prospek

Sedang menjalani proses dengan prospek dan sudah masuk pada masa negosiasi. Prospek membutuhkan proses yang cepat, tetapi administrasi perusahaan untuk penjualan terlalu panjang dan membuang waktu prospek. Hal seperti ini pun menjadikan peluang yang seharusnya dapat dikonversi menjadi penjualan pun berakhir dengan kegagalan. Jika perusahaan mengadopsi CRM, administratif lebih mudah dan dapat dilakukan di manapun. Sales leader dan manajemen dapat menyetujui negosiasi antara tim sales dengan prospek lebih cepat, cukup dengan mengakses sistem CRM yang digunakan.

3. Minimnya kemampuan untuk melakukan analisa karena data tidak tersimpan pada satu tempat

Tidak menyimpan data pada satu sistem dapat menyulitkan tim sales untuk melakukan analisa potensi dan juga kesulitan untuk memprediksi arah tren pelanggan, produk dan juga pertumbuhan perusahaan. Jika kita perhatikan satu kejadian yang sering kita hadapi, ketika kita kehilangan satu poin data, bukankah itu akan mengurangi akurasi dalam analisa. Analisa yang dianggap sudah 90% akurat, jika ada poin yang tertinggal, maka persentase tersebut adalah persentase fiktif. Bisa saja poin yang hilang tersebut memiliki peran sebesar 20% terhadap analisa. Itulah mengapa tanpa CRM, tim sales tidak dapat menganalisa dan memprediksi proses dengan prospek dan juga prediksi pertumbuhan dengan akurat.

Ada banyak hal yang dapat menyulitkan tim sales dalam bekerja ketika perusahaan tidak mengimplementasikan CRM. Jika Anda sudah berubah pikiran dari yang awalnya masih ragu atau menganggap CRM bukan solusi menjadi ingin menggunakan CRM, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Tim kami akan memberikan panduan kepada Anda untuk memilih layanan CRM kami yang paling tepat untuk bisnis Anda. Tak ingin membayar saat ini? Anda juga dapat menggunakan CRM versi demo dari kami dengan mengunjungi halaman contact us.

Ilustrasi Property of Sales1CRM