Return to site

Jangan Anggap Kehilangan Pelanggan Sebagai Masalah Biasa!

Kehilangan pelanggan adalah masalah serius

· Tips Sales

Kehilangan pelanggan dalam bisnis bisa saja Anda anggap sebagai hal biasa. Tapi, bagi kami itu bukanlah cara terbaik untuk membiarkan kehilangan pelanggan. Apabila jumlah pelanggan baru yang Anda dapatkan lebih besar daripada jumlah pelanggan yang mengakhiri kerja sama, itu bisa dianggap bukan masalah besar. Tetapi, bagaimana jika jumlah pelanggan yang pergi terus mengalami pertumbuhan, sedangkan pelanggan baru Anda pun sedikit?

Di sini, Anda perlu melakukan identifikasi secara serius sejak pertama kali mengalami kehilangan pelanggan. Karena, kehilangan beberapa pelanggan di waktu yang cukup bersamaan mengindikasikan bahwa ada yang salah pada bisnis Anda.

Jika Anda ingin mengakhiri kejadian ini berlangsung lebih lama, maka Anda harus bisa memberikan nilai lebih kepada pelanggan-pelanggan Anda. Apa saja?

1. Ketahui hal yang paling berharga bagi pelanggan

Upaya pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan saat kehilangan pelanggan adalah dengan menunjukkan nilai lebih kepada pelanggan dengan mengetahui apa yang mereka inginkan. Masalah yang benar-benar harus diatasi dengan cepat. Apa dampak produk/layanan Anda terhadap pelanggan dan lain sebagainya. Untuk menemukan jawaban dari hal ini yaitu dengan melakukan survei terhadap pelanggan-pelanggan yang memutuskan untuk mencari produk dari kompetitor. Dari langkah ini pula, Anda akan menemukan hal paling berharga yang benar-benar ingin dijaga oleh pelanggan Anda.

2. Menawarkan layanan dengan konsistensi yang lebih baik

Jika pelanggan Anda memutuskan untuk mencari produk dari kompetitor Anda, coba tawarkan layanan yang lebih konsisten untuk pelanggan tersebut. Jika Anda berhasil membawanya kembali, buktikan janji Anda kepada pelanggan ini dan terapkan pula langkah yang sama terhadap pelanggan-pelanggan lain yang Anda miliki.

3. Berikan nilai tambah terhdap produk

Apakah produk Anda sudah lama tidak mengalami pembaruan? Mungkin ini salah satu penyebab mengapa pelanggan Anda memutuskan untuk pergi. Cobalah untuk melakukan pembaruan produk untuk menciptakan nilai tambah terhadap pelanggan-pelanggan Anda. Dengan cara ini, pelanggan yang sebelumnya puas, tentu tidak akan ragu untuk kembali menggunakan produk Anda karena ada pembaruan produk yang diberikan oleh perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK