Return to site

Cara Untuk Membangun Tim Sales Yang Produktif

Tim yang produktif, sukses untuk perusahaan

· Leadership

Adakah tim sales yang produktif dan mencapai target penjualan hingga 100% pada kuartal ke-4 setiap tahunnya? Pasti ada yang mencapai angka tersebut, tetapi hanya sedikit yang mampu mencapai target tersebut. Lalu bagaimana dengan tim sales yang Anda miliki? Apakah mampu mencapai setidaknya 80% target yang dicanangkan perusahaan?

Jika tidak mencapai 75-85% dari target yang dicanangkan perusahaan, itu artinya tim Anda berada di bawah performa yang baik dan di bawah rata-rata produktivitas yang seharusnya dimiliki oleh tim. Akhiri kondisi tersebut sekarang juga, mulailah untuk mengembangkan produktivitas tim Anda dengan beberapa hal berikut ini:

1. Ubah target personal sebagai target tim

Sales memang perlu memiliki target penjualan secara personal, tetapi jangan pernah menjadikan target tersebut sebagai target yang benar-benar personal. Sales leader harus mengarahkan tim sales untuk menjadikan target pribadinya sebagai target tim. Artinya, setiap keberhasilan mencapai target personal juga harus dijadikan keberhasilan tim.

2. Berbagi kisah sukses pelanggan

Sales leader dapat membangun kerjasama tim dengan menceritakan bagaimana pelanggan Anda berhasil sukses dengan bantuan solusi yang ditawarkan oleh tim sales Anda. Karena dengan menceritakan kesuksesan tersebut, tim Anda akan merasa dilibatkan dalam mencapai keberhasilan perusahaan dan pelanggan. Hal ini pun akan mendorong mentalitas sales untuk meningkatkan kinerjanya untuk membantu prospek-prospek lain yang memiliki masalah dengan menawarkan produk dengan tepat.

3. Selalu memberikan feedback pada tim sales

Jangan pernah membiarkan tim Anda bekerja tanpa arah. Yang mengalami penurunan performa, tetap Anda biarkan begitu saja, yang sukses Anda biarkan bekerja apa adanya karena menilai sudah mampu mengatasi semua kendala. Apa pun hasilnya, Anda harus tetap memberikan feedback. Selain itu, jangan hanya memberikan feedback positif kepada tim Anda, karena Anda juga perlu memberikan feedback negatif untuk tim agar mereka dapat bekerja lebih maksimal.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas tim yang dapat kami berikan kepada Anda. Untuk tips-tips lain Anda dapat mengunjungi artikel kami sebelumnya berikut ini:

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly