Return to site

Jangan Pernah Melupakan Hubungan Dengan Pelanggan

Sulit mengalami penjualan karena minimnya pelanggan lama yang loyal

· Tips Sales

Menjaga dan membangun hubungan dengan pelanggan serta menjaga agar pelanggan tetap terhubung dengan Anda akan mendorong pertumbuhan bisnis dengan cepat. Semua perusahaan yang berorientasi pada hubungan dan kepuasan pelanggan sadar mengenai hal tersebut. Sayangnya, bagi perusahaan yang hanya fokus pada penjualan dan produk, mereka hanya menjadikan pelanggan sebagai aset untuk menghasilkan uang tanpa memikirkan kepuasan dan pentingnya hubungan yang baik untuk meningkatkan penjualan.

Jika penjualan Anda mengalami penurunan, cobalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan lama Anda terlebih dahulu sebelum Anda fokus pada penjualan. Karena, menciptakan dan memelihara hubungan yang positif dengan pelanggan yang sudah ada (existing customer) jauh lebih efektif untuk menumbuhkan bisnis dibandingkan Anda fokus untuk menciptakan penjualan baru. Selain mempersingkat proses untuk mendapatkan pelanggan, perusahaan akan lebih mudah untuk mengenali target market yang sebenarnya.

Hubungan Anda dengan pelanggan juga dapat menciptakan pemasaran yang lebih murah dan cepat. Bahkan, pelanggan akan bersedia menjadi bagian dari tim marketing Anda ketika ia bersedia mempromosikan bisnis Anda karena kemauannya sendiri. Selain memasarkan, loyalitas yang tumbuh dari hubungan positif ini pun akan menjaga perputaran penjualan Anda tetap setabil dan bisa saja meningkat lebih besar dibandingkan upaya mendapatkan pelanggan baru.

Sering kami mengatakan, bahwa pelanggan merupakan nadi perusahaan. Untuk itu, menumbuhkan hubungan yang substansial dengan pelanggan-pelanggan lama adalah merupakan bagian dari keberhasilan perusahaan. Ketika perusahaan dan pasar mengalami penurunan penjualan, di sisi lain bisnis pelanggan sedang mengalami peningkatan, tentu penjualan dari pelanggan lama ini akan tetap menolong perusahaan Anda mencapai penjualan yang lebih stabl. Sedangkan ketika perusahaan sedang mengalami peningkatan penjualan baru yang dibarengi dengan perkembangan bisnis pelanggan lama, perusahaan akan menghasilkan peningkatan penjualan 2x lipat dari biasanya.

Jadi, jangan pernah melupakan hubungan Anda dengan pelanggan. Dunia bisnis akan selalu membutuhkan pelanggan. Jika Anda tidak dapat menjaga hubungan dengan pelanggan lama, untuk mendapatkan pelanggan baru pun Anda akan mengalami kesulitan. Tetapi, jika Anda berhasil meningkatkan hubungan dengan pelanggan lama, Anda akan dengan mudah mendapatkan pelanggan baru. Perbaiki cara Anda dalam menjangkau pelanggan dengan menggunakan aplikasi CRM. Dengan CRM, Anda dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan serta memudahkan Anda dalam segmentasi pasar dan kualifikasi prospek. Butuh informasi lebih lanjut? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly