Return to site

Keahlian Yang Akan Membawa Salesperson Pada Kesuksesan

Skill yang harus dimiliki oleh salesperson

Apakah Anda percaya bahwa kesuksesan adalah untuk orang-orang yang kaya dan berpendidikan tinggi saja? Jika Anda percaya, itu artinya Anda adalah orang yang memiliki karakter bukan seorang pejuang. Jika Anda berpendapat kesuksesan karena kekayaan dan pendidikan, tentu tidak akan ada entrepreneur yang sukses meskipun dia tidak memiliki harta apapun saat baru merintis bisnisnya.

 

Apabila Anda adalah orang yang tidak percaya pada kekayaan dan tingkat pendidikan sebagai penentu penjualan, artinya Anda memiliki peluang untuk terus belajar agar dapat merubah kegagalan menjadi kesuksesan. Bagi Anda para salesperson, tidak ada kesuksesan yang akan dicapai jika tidak disertai dengan usaha. Kesuksesan dalam penjualan tidak hanya ditentukan background pendidikan Anda dan tidak ada hubungan dengan kekayaan sama sekali. Kesuksesan yang dicapai oleh salesperson adalah karena ia berani belajar dan tidak pernah menyerah.

 

Jika Anda ingin menjadi salah satu sales sukses lainnya, berikut adalah beberapa keahlian yang harus Anda kuasai untuk mendorong penjualan yang lebih baik.

 

1. Membangun hubungan dengan prospek

Komunikasi dengan seorang prospek akan lebih sempurna apabila Anda dapat menjaga atau membangun hubungan dengan prospek-prospek Anda tersebut. Menjaga hubungan bukan hanya dengan prospek yang memiliki potensi besar, Anda juga perlu menjaga hubungan dengan prospek-prospek yang sebelumnya sudah melakukan penolakan.

 

2. Memperhatikan prospek yang Anda pilih

Jangan menjadikan semua orang sebagai prospek potensial, Anda harus dapat memilih prospek yang memiliki potensi. Potensi disini bukan hanya tentang penjualan besar, tetapi juga potensi untuk mengikuti proses dengan baik serta pencapaian penjualan di akhir proses berapa pun nilai yang akan didapatkan.

 

3. Siap mendengarkan prospek

Seorang sales yang sukses adalah mereka yang mampu menjadi sosok pendengar yang baik bagi prospek-prospeknya. Mendengarkan akan menambah informasi untuk Anda, sehingga Anda dapat memastikan prospek Anda tersebut adalah prospek yang sesuai dengan produk yang Anda miliki. Begitu juga sebaliknya, produk Anda merupakan solusi yang tepat untuk prospek Anda.

 

4. Memiliki manajemen waktu yang baik

Manajemen waktu seperti sangat mudah untuk bisa dilakukan. Tetapi, pada kenyataannya, banyak sales yang gagal memaksimalkan waktu mereka karena berbagai hal. Kesalahan dalam mengatur jadwal menjadi salah satu contoh kegagalan sales dalam mengatur atau mengelola waktu yang ia miliki. Ketika ada kesalahan seperti ini, upaya penjualan pun akan lebih sulit untuk dicapai.

 

5. Selalu siap untuk menghadapi penolakan

Penolakan bukan akhir hubungan Anda dengan prospek. Anda yang menjadi sales akan terus menghadapi penolakan di waktu berbeda. Oleh karena itu, Anda harus selalu siap mendapatkan penolakan tersebut dan mengkonversi penolakan ini menjadi awal keberhasilan pada proses/kesempatan penjualan lain di masa yang akan datang.

Ilustrasi (c) Unsplash.com