Return to site

Kendala Penerapan Smart City Yang Dihadapi Di Indonesia

Apa saja yang dapat menjadi penghambar smart city di Indonesia

March 12, 2018

Kami telah membahas Smart City dan bagian-bagian yang penting untuk segera diimplementasikan agar kota-kota di Indonesia juga mendapatkan predikat Smart City. Tetapi, pembahasan tersebut masih belum lengkap apabila kami tidak membuat artikel lain yang berisikan hal-hal apa saja yang menjadi kendala kota-kota besar di Indonesia dapat menerapkan konsep Smart City. Apa saja yang dapat menjadi kendala untuk menjadikan kota besar di Indonesia mengimplimentasikan Smart City?

1. Nilai investasi yang cukup besar

Untuk menciptakan smart city secara menyeluruh di Indonesia, pemerintah tentu harus mengeluarkan investasi yang sangat besar untuk pemerintah kota. Tak cukup hanya mengandalkan investasi dari anggaran pemerintah kota untuk mewujudkan smart city dalam waktu yang cukup cepat. Sekalipun mulai dilakukan, tentu prosesnya juga akan lambat apabila tidak diimbangi dengan tenaga-tenaga ahli untuk merancang smart city di kota tersebut.

2. Infrastruktur yang belum merata

Faktor utama untuk mewujudkan smart city adalah dengan mewujudkan koneksi internet yang stabil. Saat ini kecepatan internet di Indonesia memiliki perbedaan yang cukup jauh antara kota besar dan kota-kota kecil terlebih lagi untuk daerah plosok. Kondisi seperti ini merupakan kendala serius untuk pengembangan smart city karena internet merupakan bagian mendasar dalam pengembangan smart city.

3. Perangkat maupun aplikasi yang cukup langka

Minimnya pengembang aplikasi yang dapat diimplementasikan pada smart city dari Indonesia merupakan kendala lain yang harus diselesaikan oleh pemerintah Indonesia untuk mewujudkan smart city. Tak hanya minimnya pengembang, perangkat-perangkatnya pun masih sangat sulit untuk didapatkan.

Itulah 3 kendala teratas yang dapat menghambat perkembangan smart city di Indonesia yang harus segera ditangani oleh pemerintah kota maupun pemerintah pusat. Meskipun beberapa bagian dari smart city tidak dapat dipenuhi, beberapa kota di Indonesia sudah mulai mengembangkan dan mengimplementasikan smart city seperti Semarang, Jakarta, Surabaya, Bandung dan Banyuwangi. Bahkan menurut laporan Merdeka, Bandung berhasil posisi 5 besar dalam Inovasi Smart City yang dianugrahkan oleh World Smart City Organization. Ini membuktikan bahwa Indonesia tidak terlalu tertinggal dalam penerapan konsep smart city yang juga dapat dilakukan oleh kota-kota lainnya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com