Return to site

Marketing Yang Efektif Untuk Start-Up

Ini cara marketing untuk start-up

· Tips Marketing

Anda yang baru memiliki bisnis tentu memikirkan segala cara agar marketing dapat berjalan dengan baik. Tetapi, untuk membuat marketing yang efektif diperlukan strategi-strategi yang dapat menunjang keberhasilan bagi pelaku bisnis yang baru merintis atau start-up. Untuk Anda yang baru memiliki bisnis, berikut adalah tips untuk marketing yang efektif untuk bisnis Anda:

1. Mulai dengan lokasi yang tepat

Sebelum Anda mengeluarkan banyak uang untuk pemasaran, sebaiknya Anda mulai memetakan lokasi-lokasi yang akan Anda jadikan tempat pemasaran. Lakukan survei lokasi dengan baik, jangan memulai jika Anda belum memiliki data yang akurat. Mengapa harus melakukan survei? Dengan survei Anda dapat mengumpulkan informasi tentang iklan seperti apa dan produk apa yang dibutuhkan oleh mayoritas orang-orang disekitar lokasi tersebut.

2. Lakukan promosi dengan bijak

Promosi dilakukan oleh perusahaan untuk menarik minat calon pelanggan dengan memberikan potongan harga atau dengan cara-cara lain yang dapat membengkakkan biaya marketing. Jika Anda ingin memberikan potongan harga, pastikan Anda membuat potongan harga yang masih memberikan Anda keuntungan. Jangan memberikan potongan harga dimana Anda benar-benar tidak memiliki keuntungan atau justru dibawah biaya produksi. Perlu Anda ingat, jangan terlalu sering memberikan diskon jika Anda ingin memilki pelanggan berkualitas.

3. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Hal lain yang dapat membantu Anda memasarkan produk secara efektif adalah menjaga hubungan dengan pelanggan. Mengapa harus dengan cara ini? Menjaga hubungan dengan pelanggan dapat memudahkan Anda dalam memilih pelanggan yang paling sesuai dengan produk yang akan Anda tawarkan kepada mereka. Anda juga akan lebih mudah dalam memahami kebutuhan pelanggan serta memahami bagaimana cara pelanggan Anda melakukan pembelian yang dapat memudahkan Anda untuk menawarkan produk baru kepada mereka.

Tak hanya itu saja, menjaga hubungan dengan pelanggan, juga dapat memaksimalkan marketing dengan memanfaatkan mereka untuk mencari pelanggan baru. Caranya sederhana, cukup dengan memaksimalkan sistem referral untuk menarik pelanggan Anda memasarkan produk kepada rekan-rekan mereka.

4. Mengenal siapa pelanggan Anda

Untuk Anda yang ingin memaksimalkan marketing, wajib bagi Anda untuk mengenal siapa pelanggan-pelanggan yang ingin Anda dapatkan. Apakah Anda ingin fokus pada pelanggan ekonomi, sedang atau premium. Mengenal pelanggan juga dapat memudahkan Anda dalam memilih produk yang ingin dipasarkan.

Ilustrasi (c) Pexels.com