Return to site

Kesalahan-Kesalahan Umum Yang Terjadi Pada Pemasaran

Menghentikan kesalahan untuk kesuksesan dalam marketing

Kesalahan-Kesalahan Umum Yang Terjadi Pada Pemasaran

Sudah menghabiskan banyak uang untuk melakukan marketing produk, tapi tidak mampu menjaring pelanggan berkualitas? Mungkin ada yang salah pada strategi marketing yang Anda terapkan saat ini. Terlebih lagi jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang menargetkan pelanggan dari kalangan bisnis (B2B).

 

Kegagalan dalam melakukan pemasaran sering kali terjadi karena beberapa hal yang tidak disadari oleh perusahaan. Berikut adalah kesalahan-kesalahan umum dalam marketing yang sering kali ditemukan untuk sektor B2B.

 

1. Tidak mau mendengarkan pelanggan atau mau mendengarkan tapi tidak membuat solusi

Keluhan pelanggan terutama yang memiliki bisnis adalah fokus utama yang harus Anda pecahkan. Jika Anda tidak pernah mendengarkan pelanggan baik itu keluhan atau saran yang mereka berikan, maka imbas yang akan didapatkan ialah orang yang awalnya berminat dengan produk/layanan Anda memilih untuk mundur dari negosiasi. Sebagai contoh sederhana, prospek Anda memiliki website yang saat ini sudah sering overload, jika Anda tidak mau mendengarkan keluhan mereka, dan Anda tidak memberikan solusi, apakah prospek ini akan memilih layanan Anda? Tentu tidak, mereka akan lebih senang bekerja sama dengan perusahaan lain yang bersedia mengayomi dan membantu bisnisnya ikut berkembang.

 

2. Tidak memiliki konsep pelanggan yang ideal

Jika Anda ingin memasarkan produk/layanan, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah pelanggan yang seperti apa yang ideal untuk Anda. Apakah dari kalangan bisnis kecil, menengah atau besar. Apabila Anda tidak memiliki konsep ini, maka jangan pernah berharap Anda dapat menemukan pelanggan yang bertahan untuk jangka panjang atau memiliki pelanggan yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

 

3. Tidak memiliki ide yang kuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

Jika Anda telah memiliki konsep pelanggan dan juga telah mendengarkan pelanggan, maka Anda harus memiliki ide untuk dapat memenuhi semua keinginan mereka. Ketika mereka ingin/butuh akan produk, maka kemungkinan mereka akan mempercayakan kebutuhan mereka kepada Anda. Selain kebutuhan terpenuhi, selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ialah bagaimana Anda dapat memuaskan mereka. Apa yang dapat memuaskan mereka? Pelanggan akan sangat menyukai kualitas dari produk/layanan serta perhatian yang diberikan oleh perusahaan untuk terus memberikan yang terbaik. Selain itu, membantu perusahaan pelanggan ikut tumbuh adalah merupakan nilai lebih yang akan semakin memuaskan pelanggan-pelanggan Anda.

 

Itulah kesalahan-kesalahan umum dalam marketing dan bagaimana melakukan pemasaran B2B yang lebih baik yang dapat Anda terapkan. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami dengan cara berlangganan newsletter kami secara gratis. Cukup daftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com | Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK