Return to site

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Rebranding (PART 2)

Tips sebelum memutuskan untuk rebranding

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Rebranding (PART 2)

Pada kesempatan sebelumnya, kami telah memberikan 5 hal yang harus Anda perhatikan sebelum rebranding perusahaan Anda yang dapat Anda baca pada halaman ini. Sesuai janji kami kepada Anda, kami akan memberikan artikel lanjutan untuk konten tersebut. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan lainnya.

6. Memikirkan kembali basis pelanggan Anda

Salah satu bagian penting dari melakukan rebranding ialah dengan melakukan pembenahan pada produk atau merek yang akan Anda gunakan. Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan baru yang berada diluar demografis perusahaan Anda sebelumnya. Anda dapat mengenalkan produk Anda pada lini pelanggan baru untuk meningkatkan bisnis baru Anda ini. Dengan menentukan basis pelanggan untuk perusahaan baru Anda, kemungkinan untuk menemukan pelanggan-pelanggan baru yang lebih besar masih dapat dilakukan untuk menutupi kekurangan dari pelanggan lama Anda.

7. Memperbaiki ketersediaan produk serta membuka jalan baru untuk distribusi produk

Jika Anda sudah memiliki basis pelanggan, tentu akan lebih mudah jika Anda mengontrol pemasaran produk. Untuk itu, perubahan dalam memproduksi produk atau menambah layanan merupakan tindakan yang paling bijak untuk mengurangi kekecewaan pelanggan baru Anda. Jika Anda menjual produk industri, Anda dapat menambah jumlah produksi dengan diimbangi penambahan jalur distribusi untuk membuka pasar baru. Jika yang Anda tawarkan berupa layanan, Anda dapat meningkatkan kualitas dan selalu tersedia jika pelanggan Anda menginginkan yang lebih.

8. Menentukan solusi terbaik

Banyak pelaku bisnis yang terjebak ketika mereka mendapatkan banyak saran yang masuk untuk melakukan rebranding. Ketika hal ini terjadi, Anda jangan pernah ragu untuk menerima saran dari orang-orang yang telah membantu Anda. Yang perlu Anda lakukan ialah dengan menyaring semua saran tersebut dan memutuskan untuk menemukakan solusi terbaik dari saran-saran tersebut. Sebagai contoh solusi untuk mengatasi masalah utama yang terjadi pada perusahaan Anda sebelumnya atau dengan menentukan penyesuaian yang paling cocok dengan bisnis Anda kedepannya.

9. Berkomunikasi dengan jelas dan efektif

Berkomunikasi ini meliputi aspek yang berhubungan dengan karyawan, investor maupun pelanggan. Jika memang Anda sudah siap untuk melakukan rebranding, maka Anda harus berkomunikasi kepada semua yang berkaitan dengan bisnis Anda secara jelas dan efektif. Ungkapkan apa alasan Anda dan apa saja inovasi yang akan Anda berikan kepada pelanggan dengan perusahaan/brand baru ini. Jika mereka merasa bahwa perubahan yang Anda lakukan akan sangat bermanfaat bagi mereka, maka pelanggan tentu akan menerima Anda dengan senang hati.

10. Membuat perencanaan dan tindakan

Ketika Anda sudah yakin untuk rebranding, maka Anda harus bisa mengambil tindakan dengan cepat sebelum perusahaan Anda akhirnya harus gulung tikar. Buatlah perencanaan yang matang untuk perusahaan atau merek yang akan Anda tawarkan dengan baik. Karena dengan perencanaan yang baik akan memberikan hasil yang optimal.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk rebranding?