Return to site

Prinsip Marketing Untuk Menghadapi Persaingan Era Digital

Memaksimalkan marketing digital di Indonesia

Prinsip Marketing Untuk Menghadapi Persaingan Era Digital

Dulu melakukan pemasaran untuk bisnis atau produk sangat sederhana. Perusahaan hanya mengandalkan iklan di TV, radio, majalah atau pun surat kabar. Meski cara ini sangat sederhana, peluang untuk mendapatkan pelanggan masih terbuka sangat lebar karena tingkat kompetisi bisnis tidaklah se-kompetitif era digital.

 

Teknologi mungkin memang mempermudah kita untuk melakukan pemasaran. Jutaan website dan aplikasi yang tersebar membuat kita lebih mudah untuk memilih tempat melakukan pemasaran. Akan tetapi kemudahan ini justru membuat Anda tersesat dalam marketing yang tak memiliki fokus dan terjebak dalam pemasaran buta. Sehingga Anda tidak dapat menjaring pelanggan yang potensial. 

 

Lalu bagaimana cara terbaik untuk mengatasi kesalahan marketing tersebut? Berikut adalah 3  tips yang dapat Anda terapkan untuk membimbing Anda memasarkan produk menghadapi pada era digital.

 

1. Membangun tim inovasi, evaluasi dan eksekusi peluang

Penting bagi Anda menghadapi persaingan marketing pada era digital ini untuk terus aktif dalam berinovasi untuk menciptakan kampanye yang menarik, mengevaluasi peluang dan mengeksekusi peluang yang didapatkan dari hasil marketing. Seorang marketing executive mungkin tidak dapat melakukan semua tugas tersebut seorang diri. Untuk itu, Anda harus membangun tim yang dapat fokus untuk masing-masing tugas tersebut.

 

2. Fokus pada strategi dan inovasi

Banyak perusahaan yang menyatukan strategi dengan inovasi. Padahal, inovasi merupakan tindakan yang sama sekali tidak dapat disatukan dengan strategi. Inovasi adalah bagaimana Anda membuat sesuatu hal yang baru dalam produk atau pemasaran Anda. Sedangkan strategi adalah bagaimana Anda dapat menjaring pelanggan-pelanggan dari hasil marketing. Jika Anda menyatukan inovasi dalam strategi Anda, maka Anda tidak akan memiliki tim yang fokus. Itulah sebabnya, Inovasi sering dipegang oleh eksekutif-eksekutif senior karena merekalah yang dianggap mampu menjaga masa depan perusahaan untuk bisa terus tumbuh ditengah ketatnya persaingan bisnis setelah bisnis digital semakin menyebar di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia.

 

3. Memperjelas tujuan bisnis

Ada banyak hal yang mungkin terjadi dalam pemasaran yang dilakukan oleh orang lain dan banyak pula yang mencoba untuk meniru gaya marketing yang pernah sukses. Tapi, pernahkah Anda sadari bahwa meniru cara marketing perusahaan lain itu bukanlah cara yang benar. Jika Anda ingin sukses dalam persaingan marketing digital, maka Anda harus memiliki tujuan bisnis yang jelas. Dengan tujuan bisnis yang jelas, Anda pasti bisa membuat strategi marketing yang baik dan lebih sesuai dengan bisnis Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com