Return to site

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Rebranding (PART 1)

Jangan asal rebranding, perhatikan dulu hal-hal ini

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Rebranding

Perubahan dalam bisnis mungkin tidak bisa dihindari ketika perusahaan merasa penjualan yang dicapai tidak bisa memberikan banyak efek atau keuntungan. Ancaman terbesar yang terjadi apabila perusahaan tidak melakukan perubahan, bisa saja bisnis mengalami kebankrutan.

Ketika berada pada kondisi tersebut, perubahan menjadi perlu termasuk rebranding baik melakukan perombakan secara menyeluruh atau dengan menerapkan beberapa penyesuaian. Lalu apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum mulai melakukan rebranding? Berikut adalah beberapa saran untuk Anda yang ingin rebranding demi menyelamatkan perusahaan Anda.

1. Siap melakukan perubahan

Membenahi bisnis memerlukan perubahan pemikiran dan kesiapan yang matang. Anda harus bisa menghilangkan semua hal yang Anda rasa sempurna untuk perusahaan Anda sebelumnya. Langkah utama yang harus Anda lakukan ialah dengan menyesuaikan cara bisnis Anda dan kesiapan untuk bertindak.

2. Tentukan misi Anda

Membuka kembali bisnis yang hampir collaps mengharuskan Anda mengeluarkan kekuatan dan energi Anda serta harus menyingkirkan kelemahan-kelemahan perusahaan Anda. Sebelum Anda fokus pada produk apa yang akan Anda jual selanjutnya, lebih baik Anda fokus pada misi Anda terlebih dahulu.

3. Mendengarkan orang lain terlebih dahulu

Cobalah untuk mendengarkan opini orang lain entah itu ahli pasar, karyawan atau bahkan mengumpulkan pelanggan prioritas Anda untuk mencari opini tentang merek, produk dan layanan Anda. Cari tahu produk yang mereka sukai dan produk yang tidak mereka sukai. Apa yang diungkapkan oleh orang lain biasanya akan lebih sesuai dengan pasar dibandingkan dengan pemikiran Anda sendiri. Itu sangat penting bagi Anda untuk mendengarkan opini-opini mereka sebelum rebranding atau bahkan menghapus produk yang salah saat Anda memulai kembali bisnis Anda.

4. Mengukur total market atau mencari dominasi pada produk

Adalah merupakan tindakan yang sangat penting bagi perusahaan untuk mengukur total market. Sebagai contoh, jika bisnis Anda adalah bisnis minuman dan produk apa yang paling disukai oleh pelanggan Anda adalah kopi. maka Anda dapat memperluas inovasi Anda dengan berfokus pada kopi tersebut.

5. Mengukur kompetisi dan mencari aliansi

Jika Anda merasa bahwa kompetisi bisnis yang Anda jalankan semakin sengit, tidak ada salahnya Anda bekerja sama dengan perusahaan lain untuk berbagi inovasi atau gagasan. Selain mengurangi biaya operasional, Anda dapat bertukar pikiran untuk menentukan produk seperti apa yang paling disukai oleh pelanggan.

Masih ada beberapa hal lagi yang dapat Anda pertimbangkan sebelum me-rebranding bisnis. Kami akan memberikan lanjutannya pada artikel kami selanjutnya. Untuk itu, tetap ikuti blog kami dengan cara mendaftar via newsletter secara gratis dan anti spam.

Ilustrasi (c) Unsplash.com