Return to site

Kesalahan-Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Implementasi CRM

Kesalahan umum perusahaan saat menggunakan CRM

Kesalahan-Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Implementasi CRM

Mengimplementasikan CRM memang akan sangat membantu tim sales Anda bekerja begitu juga dengan Anda yang saat ini menjabat sebagai Sales Manager. Tetapi, tidak sedikit pula yang mengimplementasikan CRM dengan cara yang salah. Sehingga dari yang awalnya CRM menjadi alat yang dapat membantu meningkatkan produktivitas tim dalam bekerja justru menjadi tools yang tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

Dengan penggunaan yang kurang tepat, CRM tidak lagi menarik bagi seorang sales manager maupun bagi sales representative dan tim marketing. CRM hanya menjadi pelengkap dan tidak memberikan efek positif untuk peningkatan penjualan. Jika Anda ingin mengimpelementasikan CRM untuk bisnis Anda di Indonesia, Anda harus mengimplementasikan CRM dengan cara yang benar. Hindari hal-hal berikut ini agar CRM yang Anda gunakan dapat digunakan secara optimal!

1. Menyimpan data yang tidak berkualitas pada CRM

Semakin banyak data yang tidak berkualitas yang Anda simpan dalam CRM, maka semakin tidak bermanfaat pula CRM Anda. Sebagai contoh, Anda memiliki kontak seorang pelanggan yang sudah tidak lagi bekerja diposisi yang sama. Sehingga Anda memiliki data yang tidak akurat. Ketika Anda tetap menyimpan data tersebut atau tidak melakukan pembaruan, maka CRM Anda hanya menjadi tools yang menyimpan data kontak usang. Selalu terhubung dengan pelanggan menjadi kunci untuk mengetahui pelanggan Anda saat ini.

2. Tim sales yang masih suka berkompetisi

Jika Anda hanya memiliki tim dengan satu orang marketing dan satu orang sales mungkin akan sangat mudah mengontrol mereka. Tapi, bagaimana jika Anda memiliki banyak anggota tim? Sebagai seorang sales leader, Anda harus menanamkan kerja sama dalam tim Anda. Ketika Anda mengimplementasikan CRM, tetapi Anda membiarkan tim Anda berkompetisi, maka jangan pernah berharap CRM yang Anda gunakan akan bekerja dengan baik. Jika Anda ingin sukses dalam meningkatkan penjualan, jadikan CRM sebagai salah satu alat untuk tim Anda meraih kesuksesan bersama-sama tanpa adanya kompetisi pada tim sales.

3. Mengharuskan laporan secara manual

Tim sales yang bekerja dengan impelementasi  CRM sudah dapat melaporkan hasil kerja bulanan mereka pada CRM tersebut. Jika Anda masih meminta tim sales Anda melakukan laporan hasil kerja bulanan secara manual, untuk apa Anda mengimplementasikan CRM?

Itulah kesalahan-kesalahan dalam implementasi CRM yang harus Anda hindari. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang kesalahan umum yang terjadi dalam implementasi CRM dan bagaimana impelmentasi CRM yang benar, silakan kirimkan email Anda ke hi@sales1crm.com. Kami akan mengirimkan tim terbaik kami untuk Anda memahami lebih jauh tentang CRM untuk bisnis Anda di Indonesia.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK