Return to site

Tips Sales: Keahlian Yang Dimiliki Oleh Seorang Salesperson Pemula (PART 2)

Cara menjadi sales profesional bagi salesperson pemula

Tips Sales: Keahlian Yang Dimiliki Oleh Seorang Salesperson Pemula (PART 2)

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel kami sebelumnya yang dapat Anda baca pada halaman ini. Jika Anda sudah membaca artikel kami sebelumnya, tidak ada salahnya untuk Anda melihat ulang dan kemudian membaca lanjutannya. Berikut adalah keahlian-keahlian lain yang harus dimiliki oleh salesperson pemula.

 

6. Memiliki kemampuan membaca psikologi prospek

Prospek pasti memiliki tujuan-tujuan tertentu yang mungkin berhubungan dengan proses negosiasi yang mereka lakukan. Sebagai contoh, prospek Anda adalah seorang manager, dia ingin mendapatkan pujian dari pimpinan perusahaan dengan membeli/menggunakan produk/layanan yang terbaik. Anda dapat memanfaatkan tujuan tersebut dengan membantu prospek ini mencapai tujuannya. Jika Anda memberikan yang terbaik, prospek mendapatkan yang terbaik dan pimpinan dari prospek senang setelah menggunakan produk/layanan Anda tentu akan memberi peluang untuk terus berlangganan dengan Anda. Itulah mengapa Anda harus bisa membaca psikologi dari prospek Anda.

 

7. Mampu menyaring prospek

Menyaring prospek adalah keahlian utama yang harus dimiliki oleh salesperson. Mungkin bagi Anda yang baru masuk pada dunia sales/marketing, keahlian ini masih belum Anda miliki. Anda perlu belajar lebih untuk bisa menyaring prospek dengan baik. Apabila perusahaan telah mengimplementasikan CRM untuk bisnis, Anda dapat belajar lebih cepat untuk menyaring prospek yang Anda miliki.

 

8. Memiliki keunikan dalam menawarkan produk

Anda jangan menjadi sales yang biasa-biasa saja ketika menawarkan produk Anda. Ciptakan keunikan yang sekiranya dapat memudahkan pelanggan Anda mengingat produk maupun perusahaan Anda. Kami ambil contoh salah satu online shop di Indonesia pernah membuat program diskon 99% untuk pelanggannya. Program ini dapat dianggap gila bagi sebagian orang, tetapi dengan program ini perusahaan telah menciptakan keunikan tersendiri sebagai perusahaan e-Commerce. Program seperti ini akan memudahkan prospek mengingat siapa Anda dan perusahaan Anda. Dengan demikian, ketika suatu saat prospek membutuhkan Anda, mereka dapat dengan mudah mencari Anda.

 

9. Memiliki kemampuan dalam follow up prospek dengan baik

Follow up pelanggan menjadi salah satu tugas yang dapat dibilang mudah. Tetapi, ketika Anda melakukan follow up dengan cara yang salah, prospek Anda akan pergi bergitu saja dan meninggalkan negosiasi panjang yang pernah Anda lakukan. Sebelum melakukan follow up, tanamkan dulu hubungan baik dengan prospek Anda. Jangan melakukan follow up terlalu sering yang dapat mengganggu aktivitas prospek Anda.

 

Itulah keahlian-keahlian yang harus dimiliki oleh seorang salesperson pemula. Bagi Anda yang baru terjun dalam dunia sales, Anda dapat melatih diri Anda untuk menguasai semua keahlian yang telah kami sebutkan. Bagi Anda yang mungkin sudah berpengalaman lebih, Anda dapat berbagi tips dengan kami. Caranya tinggalkan komentar Anda atau dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Pixabay.com | Pexels.com