Return to site

Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Tim Sales Jika Tidak Menggunakan CRM

Mempercepat kinerja sales dalam mencapai closing dengan CRM

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,CRM

Bagaimana perjalanan bisnis Anda pada tahun 2019 ini? Apakah masih ragu untuk menggunakan CRM karena dianggap hanya akan menjadi bagian yang “tidak begitu diperlukan” oleh tim sales? Atau Anda sudah mulai menggunakan CRM sejak awal tahun 2019? Jika Anda sudah menggunakan CRM, Anda dapat melewati artikel ini dan mulai membaca kesalahan yang sering dilakukan dalam implementasi CRM. Khusus untuk Anda yang masih belum menggunakan CRM, berikut adalah beberapa kesulitan yang akan dihadapi oleh tim sales yang Anda miliki!

1. Kesulitan dalam memilih profil lead berdasarkan kualitas prospek

Hal pertama yang akan dialami oleh tim sales adalah mereka akan lebih sulit untuk menentukan profil lead yang harus dimasukkan pada daftar prospek. Jika segala proses tidak tercatat dalam satu sistem seperti CRM, tim sales harus mencari dan mengumpulkan informasi tersebut dari awal. Bahkan, untuk berpindah lead pun ia harus melakukan proses tersebut berulang-ulang. Di sini peran CRM akan memberikan kemudahan kepada tim sales untuk menemukan informasi dan profil pelanggan dengan lebih cepat karena sudah tersimpan dalam satu sistem. Untuk mencari pelanggan pun sudah dapat dilakukan dengan sistem pencarian yang sederhana semudah Anda memasukkan kata kunci saat mengakses website mesin telusur.

2. Adminsitratif tim sales yang terlalu rumit

Sedang menjalanai proses dengan prospek dan sudah masuk pada masa negosiasi. Prospek membutuhkan proses yang cepat, tetapi administrasi perusahaan untuk penjualan terlalu rumit dan memakan waktu. Peluang yang seharusnya dapat dikonversi menjadi penjualan pun berakhir dengan kegagalan. Jika perusahaan mengadopsi CRM, adminsitratif lebih mudah dan dapat dilakukan di manapun. Sales leader dan manajemen dapat menyetujui negosiasi antara tim sales dengan prospek lebih cepat cukup dengan mengaksis sistem CRM yang digunakan.

3. Analisa dan prediksi yang tidak dapat akurat

Tidak menyimpan data pada satu sistem dapat menyulitkan tim sales untuk melakukan analisa potensi dan juga kesulitan untuk memprediksi arah tren pelanggan, produk dan juga pertumbuhan perusahaan. Jika kita perhatikan satu kejadian yang sering kita hadapi, ketika kita kehilangan satu poin data, bukankah itu akan mengurangi akurasi dalam analisa. Analisa yang dianggap sudah 90% akurat, jika ada poin yang tertinggal, maka persentase tersebut adalah persentase fiktif. Bisa saja poin yang hilang tersebut memiliki peran sebesar 20% terhadap analisa. Itulah mengapa tanpa CRM, tim sales tidak dapat menganalisa dan memprediksi proses dengan prospek dan juga prediksi pertumbuhan dengan akurat.

Ada banyak hal yang dapat menyulitkan tim sales dalam bekerja ketika perusahaan tidak mengimplementasikan CRM. Jika Anda sudah berubah pikiran dari yang awalnya masih ragu atau menganggap CRM bukan solusi menjadi ingin menggunakan CRM, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Tim kami akan memberikan panduan kepada Anda untuk memilih layanan CRM kami yang paling tepat untuk bisnis Anda. Tak ingin membayar saat ini? Anda juga dapat menggunakan CRM versi demo dari kami dengan mengunjungi halaman contact us.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly