Return to site

Visualisasi Data & Masa Depannya Untuk Bisnis

Pengolahan data yang lebih maksimal dengan visualisasi

· News

Visualisasi data merupakan salah satu sektor penting dalam perusahaan untuk membuka pintu keberhasilan tim agar dapat keluar dari zona ketidakpastian pengolahan data. Dengan visualisasi data pula perusahaan dan tim akan lebih mudah untuk membuat keputusan. Tujuan dari visualisasi data ini juga untuk memungkinkan lebih banyak tim dan perusahaan secara non-teknis untuk mengidentifikasi hal-hal penting dalam bisnis seperti tren pasar dan tren produk. Visualisasi data juga akan lebih mudah dalam memberikan informasi tentang langkah apa yang harus diambil oleh salah satu divisi dalam suatu perusahaan yang mendukung dan dapat mempercepat tercapainya target perusahaan.

Kemampuan dan aplikasi visualisasi data

Seperti yang kami singgung pada awal artikel, bahwa visualisasi dapat mengubah proses perusahaan untuk mencerna informasi yang dibawakan oleh data tersebut kepada perusahaan dan seluruh tim. Hal ini menggambarkan bagaimana mereka membuat keputusan. Contoh, tanpa visualisasi data, perusahaan yang bergerak di industri farmasi misalnya, mereka membutuhkan data untuk mengenal informasi tentang efek samping, tentang efektivitas obat dan juga kualitas pasar. Jika semua ini tidak divisualisasikan, tentu dalam membaca informasi data-data tersebut akan sulit untuk dipecahkan dalam waktu yang cepat. Lain halnya jika ada aplikasi yang dapat memvisualisasikan data-data tersebut. Proses yang awalnya sulit untuk dicerna pun dapat diambil keputusan yang lebih cepat.

Masa depan visualisasi data

Para pengembang teknologi dan software/aplikasi untuk visualisasi data saat ini memang berfokus pada membuat proses pengolahan data yang lebih cepat bagi seluruh pengguna. Namun, di masa depan, visualisasi data ini akan disempurnakan dengan berbagai macam fitur. Terlebih lagi, pengembangan Artificial Intelligence (AI), Virtual Reality (VR), Big Data dan Internet of Everything (IoE) yang sudah sangat semakin baik, akan sangat mendukung visualisasi data tersebut dengan kualitas hasil pengolahan yang lebih mendekati sempurna.

Dari sini, tidak ada alasan lagi bagi perusahaan untuk tidak mengindahkan kehadiran berbagai teknologi visualisasi data yang ada di sekelilingnya. Selain memberikan efek dan potensi yang lebih besar bagi perusahaan untuk mengolah data, pengambilan-pengambilan keputusan yang dilakukan oleh tim maupun leader akan jauh lebih mendasar dan meminimalisir terjadinya kesalahan dalam mengartikan pembacaan informasi dari data-data tersebut seperti saat masih belum dilakukan dengan integrasi teknologi visual.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly