Revenir au site

Keunggulan Aplikasi CRM Dalam Membantu Marketing

Implementasi Aplikasi CRM untuk membantu marketing

· CRM Di Indonesia,CRM,Benefits of CRM
Keunggulan Aplikasi CRM Dalam Membantu Marketing

Customer Relationship Management (CRM) menawarkan teknik-teknik yang sebelumnya tidak dapat dilakukan dengan cepat oleh manusia. Seperti membangun interaksi dengan pelanggan, mengatur strategi tertarget hingga menganalisa data. CRM mengumpulkan semua informasi dari pelanggan untuk kebutuhan perusahaan yang nantinya digunakan untuk meningkatkan target penjualan.

Tidak salah memang jika Anda masih percaya dengan cara membangun hubungan dengan pelanggan menggunakan cara tradisional. Namun, dalam praktiknya masih ada banyak hal yang masih belum bisa dilakukan dengan mudah oleh manusia. Berikut adalah teknik yang dimiliki CRM untuk membantu marketing.

1. CRM membantu retensi pelanggan

Berdasarkan data dari Vstacks Infotech, CRM dapat meningkatkan retensi pelanggan hingga 27%. Pada kenyataannya, hingga saat ini masih banyak marketer yang masih belum paham dengan pentingnya CRM. Mereka masih banyak yang bertanya-tanya apa yang dapat dilakukan CRM dengan data mereka. Padahal, jika marketer paham, kemampuan yang dimiliki oleh CRM selain menjaga pelanggan diantaranya adalah:

  • Kemampuan dalam menjaga keamanan data pelanggan secara online
  • Marketer dapat dengan mudah mempertahankan pelanggan dengan cara menjaga hubungan baik.
  • CRM juga dapat menjaga data yang relevan untuk pelanggan yang berkaitan dengan pembelian di masa lalu serta perilaku pelanggan.

2. Menciptakan peluang

Tantangan terbesar bagi marketer selama ini ialah menciptakan pengalaman terbaik bagi pelanggan untuk menciptakan peluang. Data yang terus mengalami perubahan dengan cepat perlu pengolahan data secara digital. Disinilah peran CRM untuk menciptakan peluang tersebut. Ketika komunikasi bersama pelanggan berjalan dengan baik, semua tim dari perusahaan dapat membuat hal yang baru yang dapat menarik pelanggan. Perlu Anda ketahui, CRM tidak hanya mengumpulkan data pelanggan melalui input manual saja, tapi CRM juga dapat menganalisa pelanggan melalui Social Media.

3. CRM Analisa prediktif

Semakin canggihnya teknologi CRM kini dilengkapi dengan analisa prediktif berdasarkan kualitas pelanggan untuk membantu marketer dalam menargetkan prediksi pelanggan. Kemampuan mengumpulkan data dari pelanggan mulai dari masa lalu hingga saat ini memungkinkan teknologi ini bertindak berdasarkan data dan wawasan prediktif. Sehingga marketer dapat menargetkan pelanggan melalui media berbeda.

4. CRM sebagai alat social yang cerdas

CRM memberikan keuntungan tambahan untuk marketer yakni sebagai alat social. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, CRM tidak hanya mampu melacak data yang diinput secara manual tapi juga mampu melacak interaksi diberbagai platform termasuk social media. CRM yang sudah terintegrasi membantu marketer membuat strategi di social media yang lebih baik.

Ingin berdiskusi lebih lanjut untuk mencari tahu kemampuan atau keunggulan lainnya yang didapatkan dengan implementasi CRM untuk membantu marketer. Anda dapat menghubungi kami di hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Firmbee / Pixabay.com