Return to site

Yang Perlu Diketahui Oleh Sales Leader Tentang Strategi Marketing

Sales leader harus mengerti mengatur strategi marketing!

· Marketing,sales,Sales Strategy
Yang Perlu Diketahui Oleh Sales Leader Tentang Strategi Marketing

Banyak sales leader yang mengeluh dengan kontribusi marketing mereka terhadap penjualan. Dari semua sales leader tersebut sebagian dari mereka adalah yang tidak memiliki strategi. Padahal, tanpa strategi penjualan, maka strategi marketing tidak akan menunjukkan hasil penting, justru sebaliknya, perusahaan hanya bisa mendapatkan dorongan dari hasil marketing yang lebih minim.

Semua yang berhubungan dengan kunci pertumbuhan revenue adalah penting. Yang mana didalamnya termasuk sales dan marketing. Tim sales membutuhkan lead dari tim marketing untuk bisa sukses. Sedangkan tim marketing membutuhkan masukan dari sales leader untuk meningkatkan kualitas agar bisa terus maju. Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh leader terkait strategi marketing, diantaranya adalah:

1. Mencari, memutuskan metode marketing yang sesuai

Hasil penjualan sangat bergantung pada tim sales dan marketing, dimana tim Sales adalah yang memberikan arahan kepada tim marketing terkait harga produk atau hal-hal lain yang berhubungan dengan produk. Untuk itu, tim sales, terutama sales leader harus paham betul mengenai strategi penjualan maupun marketing yang tepat untuk produknya.

Keselarasan antara tim sales dan tim marketing akan membuahkan strategi yang cukup solid untuk menentukan metode marketing.  Dari keselarasan ini pula nantinya tim sales dan tim marketing akan menemukan metode marketing yang sesuai dan bisa membawa/membukukan penjualan.

2. Tim sales dan tim marketing saling membutuhkan satu sama lain

Kedua tim ini dalam perusahaan adalah yang memiliki tanggung jawab besar untuk pendapatan perusahaan. Ketika tim sales dan tim marketing tidak mampu membicarakan strategi yang baik, maka hasil penjualan juga tidak optimal. Sedangkan jika tim sales dan tim marketing mampu bekerjasama dengan baik, maka semakin besar potensi untuk meningkatkan strategi yang efektif. Sales leader harus bisa menanamkan kerjasama tim yang baik antar keduanya.

3. Membangun komunikasi antar tim

Kerja sama yang bagus dimulai dari komunikasi yang baik antar kedua tim. Jika sales leader tidak bisa mengajak tim sales saling berkomunikasi dengan tim marketing, maka semakin sulit mereka bisa membicarakan strategi untuk meningkatkan penjualan.

4. Mengajarkan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan

Ketika tim sales sudah berhasil menjaga hubungan secara internal dari tim sales dan tim marketing, maka tugas sales leader selanjutnya adalah untuk melatih tim sales menjaga hubungan dengan pelanggan. Sales leader bisa menggunakan cara tradisonal atau dengan menggunakan CRM dalam menjaga hubungan dengan pelanggan. Untuk kemudahan, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan CRM. Dengan CRM, tim sales maupun tim marketing tidak perlu lagi bertanya banyak hal tentang pelanggan karena dalam CRM sudah tersedia history pelanggan. CRM juga dapat membantu tim menetapkan strategi marketing tertarget.

Ilustrasi (c) Geralt / picjumbo / Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK